Wajah Awal Sumbar, Jalan Layang BIM Bakal Kembali Ditata Pemprov

Fly over Padang Pariaman

Fly over Padang Pariaman. wikipedia.com

HALUANNEWS, PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan menata kembali jembatan layang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Sampah yang berserakan dan baliho-baliho yang tidak tertata rapi dinilai mencederai keindahan tata kota, dan dapat menimbulkan kesan buruk bagi para pengunjung yang datang ke Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi menuturkan, jalan layang menuju BIM merupakan salah satu pintu gerbang yang memberikan impresi awal bagi pengunjung yang masuk ke Sumbar, terutama bagi pengunjung yang datang melalui jalur penerbangan.

Baru saja mendarat di bandara, umumnya pengunjung akan melewati jalan layang tersebut. Sayangnya, kondisi jalan layang itu saat ini tampak tercederai oleh persoalan sampah yang dibuang sembarangan di sekitar jalan, serta baliho-baliho yang tidak tertata dengan rapi, sehingga memberikan kesan yang kurang baik.

Untuk mengatasi kondisi ini, Pemprov Sumbar berencana akan melakukan penataan kembali kawasan jalan layang agar lebih bersih, tertata, serta memberikan kesan yang lebih menarik saat pengunjung memasuki wilayah Sumbar.

“Ketika keluar dari BIM, itulah wajah awal Sumbar. First impression kita, terutama bagi orang yang datang melalui jalur penerbangan,” kata Audy, Jumat (20/5/2022).

Melihat kondisi saat ini, Wagub menyampaikan perlunya perhatian khusus, terutama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman. “Penataan ini tentu butuh kolaborasi dari pemerintah provinsi, Pemkab Padang Pariaman, Angkasa Pura, dan pemangku kepentingan terkait lainnya,” katanya.

Selain itu, dalam rangka penataan ia juga mengarahkan agar ke depan, dana CSR dari pihak Angkasa Pura maupun perusahaan lainnya yang berhubungan dengan penerbangan, serta berada di sekitar jalan layang BIM agar diarahkan untuk penataan kawasan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang turut menyampaikan dukungannya atas rencana penataan tersebut. Dengan ditata lebih bersih dan apik, menurutnya, tentu akan menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara untuk permasalahan sampah yang menjadi perhatian pemerintah provinsi saat ini, ia menegaskan bahwa pembuangan sampah di sekitar jalan layang BIM adalah ilegal dan pihaknya berkomitmen untuk melakukan penertiban.

“Pembuangan sampah di jalan layang itu jelas ilegal dan akan kami tertibkan. Bila perlu akan diberikan punishment,” ujarnya menegaskan.

Meski masih dalam tahap penjajakan, diketahui nantinya rencana perubahan wajah jalan layang yang sudah mendapat sambutan positif berbagai pihak tersebut akan ditindaklanjuti dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar, Pemkab Padang Pariaman, Angkasa Pura II, dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Sumbar sebagai bentuk komitmen terhadap rencana penataan. (*)

Exit mobile version