Calon Jemaah Haji Sumbar Terbang 4 Juni, Ini Jadwal dan Urutan Kloter

Kemenag

Penandatangan kesepakatan urutan kloter oleh Kakankemenag kabupaten kota se-Sumatra Barat. IST

HALUANNEWS, PADANG – Menjelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) Sumatra Barat (Sumbar) 1443H pada 4 Juni mendatang, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar menggelar rapat pemantapan kloter, Selasa (24/5/2022) sore di ruang kerja kepala.

Rapat ini dihadiri Kepala Kankemenag kabupaten/kota bersama Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) se-Sumbar. Rapat dipimpin Kepala Kanwil diwakili Kepala Bidang PHU Joben didampingi Sub. Koordinator Transportasi Perlengkapan dan Akomodasi Mulyawan, serta seluruh JFT dan JFU Bidang PHU.

Rapat ini membahas jadwal keberangkatan dan pemantapan kloter CJH kabupaten kota sekaligus penandatangan kesepakatan oleh Kakankemenag. Menurut Joben, kelompok terbang (kloter) ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama.

“Penyusunan kloter ini disesuaikan dengan jumlah CJH Sumbar. Dengan pertimbangan seat (tempat duduk) setiap kloter di pesawat penuh, tidak ada yang kosong. Jika tahun sebelum dilakukan qur’ah (pencabutan lot), tahun ini disusun sesuai jumlah CJH,” ucapnya.

Berikut Urutan dan Jumlah CJH Masing-masing Kloter:

Kloter I

Kota Padang (penuh) dengan jemaah 385 orang, Pembimbing KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah) dua orang, Petugas Haji Daerah (PHD) dua dan petugas Kloter empat orang (ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter dan perawat), sehingga total 393 orang.

Kloter II

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Bukittinggi 113, Tanah Datar 111, Padang Pariaman 97, Kota Pariaman 54 dan Kota Padang 12 jemaah. PHD dua orang, Petugas Kloter empat orang.

Kloter III

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Kabupaten Agam 147, Lima Puluh Kota 131, Sijunjung 66, Sawahlunto 30, Solok Selatan 11, Kepulauan Mentawai dua jemaah ditambah PHD dua orang dan petugas kloter empat orang.

Kloter IV

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Kabupaten Pasaman Barat 165, Pasaman 133, Kabupaten Solok 81, Padang sembilan dengan PHD satu orang dan petugas empat orang.

Kloter V

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Kabupaten Dharmasraya 151, Payakumbuh 123, Pesisir Selatan 56, Kota Solok 48, Padang sembilan dengan PHD dua orang dan empat petugas kloter.

Kloter VI

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Provinsi Bengkulu (penuh) 389 dan petugas kloter empat orang.

Kloter VII

Jumlah jemaah 393 orang dengan rincian, Provinsi Bengkulu 358, Kota Padang 31 dan petugas kloter empat orang.

Kloter VIII

Jumlah jemaah 121 orang dengan rincian, Kota Padang Panjang 35, Kota Padang 34, jemaah cadangan 51 ditambah satu petugas KBIHU. Kloter VIII akan diterbangkan bersama UPG 19 (Embarkasi Makasar).

Dari 8 kloter ini, tujuh kloter diberangkatkan pada gelombang I dalam rentang waktu dari tanggal 4 sampai 10 Juni 2022. Sementara Kloter VIII yang tergabung dalam UPG 19 Makasar akan terbang pada gelombang II pada tanggal 2 Juli 2022. (*)

Exit mobile version