Akselerasi Pariwisata Sebagai Penggerak Ekonomi

PADANG, HARIANHALUAN.ID — Sektor pariwisata Sumatra Barat (Sumbar) meraih capaian yang cukup menggembirakan di tahun 2023 ini yang ditargetkan sebagai lokomotif baru perekonomian.

Menjelang akhir tahun kunjungan wisatawan terus meningkat 20 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Dinas Pariwisata Provinsi mencatat per akhir bulan September jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatra Barat (Sumbar) mencapai 7.435.933 jiwa. Dari angka kunjungan itu, 39.170 orang diantaranya merupakan wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai negara.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat (Sumbar), Luhur Budianda mengatakan, jumlah kunjungan wisata ke Sumbar sampai saat ini, bahkan diketahui telah meningkat 20 persen dibandingkan tahun 2022 yang ketika itu telah berhasil menyentuh angka 5,7 juta kunjungan.

“Data kunjungan ini menunjukkan bahwa sektor Pariwisata Sumbar yang sempat lumpuh akibat pandemi Covid-19, sudah kembali pulih dan bangkit. Sebab target mendatangkan 8,2 juta wisatawan ke Sumbar, hampir tercapai,” ujarnya kepada Haluan, Jumat (17/11/2023).

Selengkapnya Baca di Harian Haluan edisi, Minggu (19/11/2023).

Exit mobile version