Hari Ini SMK Kesehatan Genus Wisuda Ratusan Siswa dan Tandatangani Kerja Sama dengan Jepang

SMK Kesehatan Genus

Kepsek SMK Kesehatan Genus Bukittinggi, Defi Endri berfoto bersama siswa siswi SMK Kesehatan Genus. IST

HARIANHALUAN.ID – Hari ini, Kamis (9/6/2022), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Genus Bukittinggi dan Sumbar akan mewisuda dan melaksanakan angkat sumpah tahun ajaran 2021/2022 di Hotel Truntum Padang.

Momen wisuda 327 siswa tersebut juga terasa spesial bagi SMK Kesehatan Genus, karena juga akan melakukan penandatangan kerja sama (MoU,red) dengan Perusahan Jepang.

Kepala SMK Genus Bukittinggi, Defi Endri didampingi Kepala SMK Genus Sumbar, Rina mengatakan, penandatanganan kerja sama tersebut diharapkan mampu menjadi pintu untuk magang bagi tamatan SMK Kesehatan Genus dan SMK lainnya di Sumatra ke Jepang.

Ia mengatakan, dalam hal ini tentunya yayasan I.N.G.G Bukittinggi yang menaungi SMK Genus Bukittinggi untuk merekrut dan melatih budaya dan bahasa Jepang dan sekaligus pengiriman ke Jepang.

“Alumni SMK Genus dan SMK lainnya yang bisa dimagangkan ke Jepang adalah alumni yang sudah dibekali dengan berbagai keterampilan, budaya, serta Bahasa Jepang. Bidangnya adalah program studi caregiver (perawat lansia), farmasi dan teknologi,” katanya kepada wartawan di Kampus SMK Genus Sumbar, Kompleks Lanud Sutan Sjahrir Padang, Rabu (8/6/2022).

Dijelaskan Defi Endri, SMK Genus tidak hanya memproduk siswa saja, tetapi bertanggungjawab untuk penempatan alumni.

“Di bidang prestasi, SMK Genus juga tidak ketinggalan, juara kepala SMK terbaik tingkat Sumbar dan tingkat nasional, juara LKS SMK tingkat Sumbar dan nasional, juara lomba solo song dan masih banyak prestasi-prestasi lainnnya,” ujar Defi Endri di depan Ketua Pelaksana Wisuda Ns Sesri Arlianti dan Miss Yesi.

Dijelaskannya, perbedaan wisuda tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu cara pelaksanaannya. Wisuda tahun ini dilaksanaan menjadi satu seremonial antara Genus Bukittinggi dan Genus Sumbar.

Tercatat, sebanyak 327 siswa terdiri dari 264 orang berasal dari SMK Genus Bukittinggi dan 63 orang dari SMK Kesehatan Genus Sumbar di Padang, yang akan diwisuda dan akan melakukan pengangkatan sumpah.

Lebih lanjut Defi Endri mengatakan, sekolah dan yayasan yang dipimpinnya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya cabang SMK Genus, yaitu di Pekanbaru, Riau dan di Padang.

Di samping itu, rencana ke depan, lanjut Defi Endri, penambahan apotek dan klinik di Padang, Padang Luar dan Maninjau, Kabupaten Agam, serta Pekanbaru, dengan nama Apotek dan Klinik Genus Medika. “Bagi siswa yang berminat untuk bekerja bisa daftar langsung ke Teaching Factory SMK Genus Jl. Doktor Hamka Tabing Padang,” tururnya.

Kerja sama antara SMK Genus Bukittinggi dengan pihak perusahaan Jepang, Kokorono Shiji Riau dan SMK Genus Sumbar akan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Bukitinggi, Erman Safar, serta beberapa Kepala Dinas Provinsi Sumatra Barat. (*)

Exit mobile version