Padang Panjang Raih Predikat Kota Sangat Inovatif di Sumatra Barat

Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Dt Paduko Malano, saat menerima Anugerah IGA Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (29/12). IST

PADANG PANJANG, HALUAN — Prestasi luar biasa kembali dibukukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, lewat predikat Kota Sangat Inovatif dan meraih Peringkat III Nasional dalam Anugerah Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, Rabu (29/12).

Dari 93 kota se-Indonesia, 12 kota di antaranya mendapat penilaian Sangat Inovatif, 60 kota Inovatif, dan 21 kota dinilai Kurang Inovatif. Padang Panjang sendiri menjadi kota nomor tiga di Indonesia berpredikat Sangat Inovatif dengan nilai 64,08, berada di bawah Kota Singkawang (70,63) dan Kota Surabaya (64,08).

Atas capaian itu, di Sumatra sendiri posisi Padang Panjang berada di peringkat pertama. Sementara itu peringkat 9 di Sumatra diraih Kota Pariaman (61,22) dan peringkat 11 Kota diraih Kota Pekanbaru (60,14). Sementara itu untuk kategori provinsi, Pemprov Sumbar berada pada posisi enam nasional.

Dalam proses penilaiannya, hingga mendapat peringkat III nasional ini, sebanyak 89 inovasi telah didaftarkan Pemko Padang Panjang ke aplikasi IGA. Hasilnya, Padang Panjang masuk nominasi 12 besar untuk Kota Sangat Inovatif.

Kemudian pada penilaian tahap akhir, Wali Kota (Wako) H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mempersentasikan empat inovasi unggulan di hadapan Tim Penilai yang dipimpin oleh Pelaksana harian (Plh) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro, di Jakarta, 25 November 2021 lalu.

Ada pun rmpat inovasi unggul yang dipersentasikan itu antara lain, Semarak Desa Wisata Kubu Gadang, Smart Water Management System, Publis (Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial), serta RACHEL (Remote Area Community Hotspots for Education). Dalam persentasi ini, Wako Fadly turut didampingi Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md, serta Wakil Ketua DPRD Yulius Kaisar dan Imbral, SE.

Setelah melalui semua proses tersebut, Kemendagri mengumumkan pemenang Anugerah IGA Tahun 2021 secara virtual, yang diikuti oleh Wako Fadly Amran di Jakarta. Selain itu, secara terpisah juga diikuti Asisten III Bidang Administrasi Umum Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Rusdianto, S.IP, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dra. Maini, Kepala Sekolah SMPN 6 Padang Panjang Muji Sirwanto, M.Pd, serta undangan lainnya di Ruangan VIP Lantai II Balai Kota Padang Panjang.

Atas prestasi luar biasa tersebut, Wako Fadly Amran mengapresiasi seluruh stakeholder yang terlibat dan berpartisipasi aktif dalam melahirkan beragam inovasi di Padang Panjang. Inovasi-inovasi tersebut menurutnya, tidak lepas dari kolaborasi seluruh pihak.

“Ini adalah komitmen Pemko yang responsif terhadap perkembangan zaman, dan ini sesuai dengan RPJMD 2018-2023 untuk mewujudkan kejayaan Padang Panjang yang bermuruah dan bermartabat,” ujar Wali Kota muda itu.

Ke depan Fadly berharap, agar Kota Padang Panjang semakin di-recognisi (dikenali) pada level nasional melalui beragam kegiatan dan prestasi yang telah dibukukan. “Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mendagri dan jajaran, atas pengakuannya terhadap capaian inovasi di Kota Padang Panjang,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Padang Panjang, Rusdianto mengatakan, capaian tahun ini sangat luar bagi Kota Padang Panjang. Sebab pada tahun 2020 lalu, Padang Panjang berada pada peringkat 20 nasional. Namun, pada tahun 2021 ini bisa berada pada peringkat tiga.

“Ini semua berkat adanya dorongan dan dukungan dari pimpinan kita. Baik itu Wako, Wawako, maupun Sekda, dengan komitmen yang sangat luar biasa. Ini juga merupakan kerja sama dari semua OPD terkait yang telah menyampaikan inovasinya,” tutur Rusdianto.

Ia juga berharap, agar ke depan Padang Panjang bisa lebih maksimal lagi untuk berinovasi, karena ini sudah dibuktikan dengan kenaikan peringkat yang sangat signifikan. “Semoga tahun depan dengan komitmen kita bersama, bisa mencapai peringkat yang terbaik,” ujarnya lagi. (h/pis/adv)

Exit mobile version