Fadly Amran Resmikan Pembangunan Sport Center

Padang Panjang

Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran bersama Wakil Wali Kota Asrul dan Forkopimda saat meresmikan proses pengerjaan Sport Center Padang Panjang. Apizrajoalam

HARIANHALUAN.ID – Wali Kota H Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano didampingi Wakil Wali Kota Drs Asrul dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Padang Panjang meresmikan pelaksanaan pembangunan Sport Center (SC) yang berlokasi di Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Senin (10/10/2022).

Lewat  APBD, pembangunan SC dibiayai Rp70 miliar dilaksanakan tahun jamak (multi years). Pembangunan oleh  PT Tureloto Batta Indah (TBI), selaku pemenang tender ini ditargetkan selesai 4 Oktober 2023 (330 hari).

Dengan dana tersebut, bakal dibangun satu gedung serba guna, venue skateboard, lapangan voli, basket, tenis dan panjat tebing. Adapun luas lahan SC ini 5,7 hektare.

Wako Fadly dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan SC  ini melewati jalan panjang dan berliku. “Semoga SC bisa selesai, bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih dukungan warga, keikhlasan tanahnya untuk pembangunan SC,” ujar wako.

SC, sebut Fadly, masuk dalam visi dan misi RPJMD 2018-2023. Upaya itu dimulai 2019 dengan melengkapi administrasi, proses komunikasi dan sosialisasi hingga bisa berjalan sampai hari ini. 

Menurutnya, sejumlah infrastruktur telah dibangun guna menunjang Padang Panjang sebagai Kota Pendidikan, Kota Serambi Mekkah, dan Kota Sehat. Hal itu terlihat dari adanya Pasar Pusat, RSUD, Masjid Islamic Center dan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK). 

Berangkat dari situ, dirinya bersama Wawako Asrul dan DPRD kemudian memprogramkan langkah pembangunan SC.  “Kalau sarana prasarana ini cukup, ini bisa menjadi Sport Academy. Bagaimana sekolah olahraga bisa hadir melengkapi Kota Padang Panjang sebagai kota pendidikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Fadly berharap pembangunan SC bisa dikebut. Dimanfaatkan untuk porprov di Kota Padang Panjang. “Venue untuk porprov hendaknya bisa dikebut. Bisa dimanfaatkan,” katanya. 

Dikatakannya lagi, konsep sportainment hendaknya bisa dikemas di SC, sehingga menarik kunjungan ke Kota Padang Panjang. 

“Aula utama, bisa jadi venue bela diri, tinju atau MMA, kita ambil ini sebagai sportainment. Melirik aspek kepariwisataan, menjadi magnet kunjungan ke Kota Padang Panjang,” tuturnya.

SC Diyakini Berdampak pada Perekonomian Masyarakat

Pembangunan Sport Center (SC) di Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), diyakini berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di kota berhawa sejuk ini secara umum.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Putra Dewangga, SS, MSi, menyampaikan, ketika SC menjadi pusat kegiatan olahraga dengan sarana prasarana terbaik, mengakomodir  kegiatan olahraga tingkat provinsi dan nasional, bakal mengundang banyaknya kunjungan ke Kota Padang Panjang dan berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Dengan keberadaan SC, minimal iven provinsi atau iven nasional bisa dilaksanakan di Kota Padang Panjang, tingkat kunjungan akan meningkat. Tentu ini akan memberikan multiflier effect kepada masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain, kawasan di sekitar SC di PPT, bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. “Kawasan ini  bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, jadi kawasan perdagangan bahkan industri,” tuturnya. 

Apalagi, di PPT direncanakan ada exit toll (pintu keluar) melewati tol pada pembangunan tol Padang-Pekanbaru. 

“Kita berharap dukungan semua pihak. Pembangunan SC ini dikerjakan secara bertahap, tidak langsung jadi secara keseluruhan. Ada tahapan beberapa tahun kemudian. Mohon doa kelancaran pengerjaan SC ini agar selesai sesuai target,” katanya.  

Bukan Sekadar Sarana Olahraga

Sport Center (SC) yang sedang dibangun di Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), bukan hanya sekadar sarana olahraga, tapi juga sebagai tempat pelatihan dan pendidikan atlet.

“Bapak wali kota menginginkan SC menjadi tempat mencetak para atlet, tempat pelatihan dan pendidikan olahraga. SC yang bakal dibangun juga akan memperhatikan segala aspek, memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat,” ucap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Drs Maiharman.

Cita-cita menjadikan SC sebagai tempat pembibitan para atlet, menurut Maiharman, sangat relevan. Lantaran kualitas udara Padang Panjang sehat dan jauh dari polusi. “Padang Panjang dinilai berada di lokasi yang sangat strategis dengan udara yang bersih. Sangat sesuai sebagai tempat pendidikan para atlet,” ujarnya. (*)

Exit mobile version