Resmi Ditutup Menpan-RB, Sumbar Sabet Juara Umum MTQ IV Korpri Nasional 2022

MTQ IV Korpri

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Wagub Audy Joinaldy menerima Piala Bergilir Juara Umum MTQ IV Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022, yang diserahkan langsung oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, Sabtu (12/11/2022) malam. IST

HARIANHALUAN.ID — Seperti halnya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII Tahun 2020, Sumatra Barat (Sumbar) kembali meraih prestasi tertinggi.

Juga bertindak sebagai tuan rumah, Sumbar kali ini berhasil menyabet Juara Umum MTQ IV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022.

Hal ini terungkap saat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas menutup secara resmi MTQ IV Korpri 2022 di Masjid Raya Sumbar, Padang, Sabtu (12/11/2022) malam.

Sumbar tampil sebagai juara umum dengan nilai 109. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Wagub Audy Joinaldy menerima piala bergilir yang pada kesempatan itu diserahkan langsung oleh Menpan-RB.

Berdasarkan keputusan dewan hakim yang dibacakan Ketua Dewan Hakim MTQ IV Korpri, Muhammad Darwis Hude, Sumbar menjadi juara umum setelah berhasil menempatkan utusannya menjadi jawara pada Cabang Tartil Putra, Tilawah Putra, Hifzil Juz 30 Putra, Hifzil Surah Al-Baqarah Putra, Hifzil Surah Ali Imran dan An-Nisa Putri, Khat Golongan Digital Putra dan Penulisan Artikel Al-Qur’an Putri.

Dalam sambutannya, Menpan-RB, Azwar Anas mengucapkan selamat kepada Pemprov Sumbar yang telah sukses melaksanakan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional 2022, dengan jumlah peserta terbanyak dan berjalan dengan lancar hingga akhir, sekaligus menjadi juara umum.

“Selamat kepada Pemprov Sumbar yang sukses menjadi tuan rumah dan juara umum MTQ VI Korpri. MTQ di Sumbar ini tidak hanya pelaksanaan MTQ semata, tapi juga ziarah dan napak tilas founding father yang banyak berasal dari Sumbar,” kata Anas.

Anas berharap, melalui pelaksanaan MTQ VI Korpri akan membawa keberkahan dan dapat mengokohkan semangat core value Aparatur Sipil Negara (ASN) Ber-AKHLAK.

Apresiasi serupa juga disampaikan Ketua Umum Korpri, Zudan Arif Fakhruloh kepada masyarakat dan Pemprov Sumbar yang telah sukses melaksanakan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022.

“Semangat MTQ bukan semata acara saja, tapi ada nilai membumikan Al-Qur’an yang akan membuahkan peningkatan integritas dalam bekerja sebagai pelayan masyarakat,” kata Zudan.

Di akhir sambutannya, Zudan juga mengumumkan daerah yang ditunjuk berdasarkan kesepakatan bersama sebagai tuan rumah MTQ Korpri Tingkat Nasional Tahun 2024, yakni Provinsi Kalimantan Tengah.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Dewan Korpri Pusat, serta panitia penyelenggara acara yang sudah mengemas acara dengan sangat baik.

Gubernur tidak hanya berterima kasih kepada pihak pelaksana, namun juga menyampaikan rasa bangga kepada kafilah-kafilah terbaik yang telah mampu bersaing dan berjuang hingga akhir.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang MTQ Korpri Tingkat Nasional. Kami berharap Saudara dapat terus menginspirasi dan mensyiarkan Al-Qur’an yang mulia ini. Kepada peserta yang lain tidak perlu berkecil hati, karena saudara semua Insyaallah menjadi hamba yang mulia dengan Al-Qur’an,” tuturnya.

Senada dengan Gubernur, sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Hansastri selaku ketua panitia juga menyampaikan apresiasi pada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya MTQ VI Korpri ini.

“Terima kasih pada semua pihak yang telah bekerja keras, bekerja sama dan memberi dukungan atas semua hal. Minta maaf jika ada pelayanan dari panitia yang kurang berkenan,” kata Hasastri.

Turut hadir dalam acara penutupan tersebut sejumlah pejabat, di antaranya Sekjen Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali dan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono. (*)

Exit mobile version