Bank Nagari Terima Piala Paritrana Award Sekaligus Hadiah Mobil

Foto: Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy didampingi Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sumbar Riau, Eko Yuyulianda menyerahkan penghargaan Paritrana Award 2020 kepada Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Gubernuran Padang, Kamis (21/10). AFRIANITA

PADANG, HALUAN – Bank Nagari menerima piala dan piagam penghargaan Paritrana Award 2020,  sekaligus hadiah berupa satu unit mobil dari BP Jamsostek sebagai terbaik dua kategori perusahaan besar.Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy didampingi Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sumbar Riau, Eko Yuyulianda menyerahkan penghargaan Paritrana Award 2020 kepada Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di Gubernuran Padang, Kamis (21/10).

Paritrana Award merupakan ajang apresiasi kepada  para pelaku usaha  dan pemerintah daerah yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Ajang tersebut diinisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama Kementerian Ketenagakerjaan, dan BP Jamsostek dalam perlindungan tenaga kerja.

Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sumbar Riau, Eko Yuyulianda mengatakan salah satu hal yang membuat Bank Nagari menjadi pemenang adalah karena berkontribusi besar dalam Program GN Lingkaran untuk melindungi pekerja rentan seperti tukang ojek, buruh, nelayan dan lainnya.

Ia mengatakan ada sebanyak 34 provinsi yang ikut meramaikan penghargaan ini, 514 kabupaten kota di Indonesia, serta 683.000 pemberi kerja badan usaha Peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dikatakannya, dari  2 juta lebih jumlah tenaga kerja di Sumbar saat ini, baru sekitar 528 ribu pekerja atau sebanyak 31 persen saja pekerja yang sudah terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

“Itu pun didominasi oleh pekerja sektor formal, sedangkan pekerja sektor informal baru 7 persen saja dari angka tersebut. Ini tantangan bagi kita bersama, apalagi di Sumbar dominan pekerja informal,” katanya.

Menanggapi hal itu Wakil Gubernur Sumbar  Audy Joinaldy mengatakan Sumbar saat ini menuju 1 juta peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal itu sesuai dengan Instruksi Gubernur Sumbar Nomor 5 Tahun 2021 tentang peningkatan kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Sumbar.

Sebagai tindaklanjut dari Instruksi Presiden yakni Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Wagub  Audy Joinaldy menuturkan, Pemprov Sumbar bangga dan berharap Bank Nagari bisa memotivasi perusahaan lainnya di Sumbar  untuk berprestasi dan berkontribusi.

Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad bersyukur atas pencapaian ini dan akan terus memberikan perhatian terhadap tenaga kerja rentan melalui GN Lingkaran.

Bank Nagari dikatakannya akan selalu menjadi yang terdepan dan menjadi contoh yang baik di perbankan atau setidaknya dalam kelompok BPD di Indonesia.

Bank Nagari dikatakannya telah melakukan sejumlah program untuk membantu masyarakat dan mendorong pemulihan ekonomi Sumbar pada masa pandemi di antaranya dengan restrukturisasi kredit.

Terkait kinerja keuangan Bank Nagari, Irsyad menyebutkan, asset Bank Nagari sudah mencapai Rp27 triliun dengan target laba sebesar Rp372 miliar pada tahun ini.

Acara Paritrana Award 2020 sebelumnya telah digelar 9 September 2021 secara virtual. Kegiatan ini disaksikan  Wapres, Ma’aruf Amin, Menko-PMK, Muhadjir Effendy, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dan Direktur Utama (Dirut) BP Jamsostek, Anggoro Eko Cahyo.

Paritrana Award tahun 2020 ini merupakan ajang yang digelar untuk keempat kalinya. Berbeda dari sebelumnya, pelaksanaan Paritrana Award tahun 2020 dilaksanakan secara virtual. (h/ita)

Exit mobile version