HUT Ke-19, Momentum untuk Melompat Jauh Menuju Solok Selatan Maju dan Sejahtera

HUT Solok Selatan

Foto bersama Pemkab Solsel dengan anggota DPRD Solsel usai melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Solok Selatan di Ruang Paripurna Solok Selatan, Sabtu (7/1/2023). IST

HARIANHALUAN.ID – Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan yang ke-19, diharapkan menjadi momentum bagi Kabupaten Solok Selatan untuk melompat lebih jauh, demi mewujudkan Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera. Sebab, di usia yang terbilang muda, menjadi ajang bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan untuk terus mengoptimalisasi pencapaiannya.

Di bawah kepemimpinan Khairunas dan Yulian Efi, selaku Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, telah banyak memberikan perubahan nyata bagi pembangunan Kabupaten Solok Selatan. Mulai dari peningkatan pendidikan, kinerja pelayanan pemerintahan, kesehatan dan berbagai realisasi program lainnya. 

Dari realisasinya itu pula, berbagai penghargaan dan prestasi pun mampu diraih oleh Kabupaten Solok Selatan, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

Ribuan pesepeda merebutkan doorprize spesial sepeda motor pada pelaksanaan Gowes Adventure Solok Selatan, yang merupakan rangkaian dari HUT Kab Solsel ke-19, beberapa hari lalu. IST

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, segala pencapaian Solok Selatan tidak terlepas dari kerja supertim Pemkab Solok Selatan yang terus dibangun menjadi orientasi pembangunan daerah.

“Sebagai masyarakat Solok Selatan, kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari lahir Kabupaten Solok Selatan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi. Lalu, kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depannya dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan masa depan yang lebih baik,” ujarnya, Sabtu (7/1/2023).

Adapun pencapaian Pemkab Solok Selatan hingga saat ini, dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meningkat dari 69,21 poin (2021) menjadi 69, 71 poin (2022). Kemudian juga didukung dengan indikator lainnya, seperti di bidang pendidikan di mana rata-rata lama sekolah juga meningkat dari 8,32 tahun menjadi 8,41 tahun, lalu harapan lama sekolah dari 12,72 tahun meningkat menjadi 12,73 tahun.

Kemudian dari indikator angka harapan hidup juga mengalami peningkatan dari 68,01 tahun menjadi 68,38 tahun. Di sektor kesejahteraan masyarakat dari indikator pengeluaran perkapita disesuaikan juga turut mengalami peningkatan dari Rp863.916 orang perbulan menjadi Rp880.000 orang perbulan.

Tablig akbar bersama Gus Miftah di Gor Rimbo Tangah, Solok Selatan, Kamis (5/1/2023). IST

Selanjutnya juga dapat dilihat dari terjadinya penurunan angka kemiskinan dan angka pengangguran. Di pascapandemi, Solok Selatan mampu menurunkan angka kemiskinan dari 7,52 persen (13.410 orang) di Tahun 2021 menjadi 6,51 persen (11.810 orang) di Tahun 2022. Di tingkat angka pengangguran terjadi penurunan dari 4,84 persen di Tahun 2021 menjadi 3,71 persen di Tahun 2022 ini, dan masih banyak pencapaian lainnya.

“Dari pencapaian ini melalui kerja supertim kita mampu melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik. Tentu ini bukanlah akhir dari sebuah proses kita, masih banyak capaian pembangunan yang harus kita benahi dan ditingkatkan. Sebagai pemerintahan yang baik akan kita tingkatkan pengelolaan sumber daya pembangunan yang akuntabel, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Sebanyak 44 peserta pawai mengikuti Pawai Atraksi Budaya Solok Selatan di RTH Solok Selatan, Jumat (6/1/2023). IST

Selain itu, Bupati Solok Selatan tersebut juga menyampaikan agar seluruh masyarakat mengingat dan tidak hentinya mengucapkan terima kasih atas tetes keringat perjuangan dari para tokoh pemekaran dan para pemimpin daerah terdahulunya. Kedepannya, atas nama Pemkab Solok Selatan, Khairunas mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus bersama-sama memberikan peran sertanya demi kemajuan Solok Selatan yang telah termaksud ke dalam tema HUT Kabupaten Solok Selatan ke-19 hari ini “Mari Melompat Menuju Solok Selatan yang Maju dan Sejahtera”.

Adapun berbagai penghargaan yang telah diraih Pemkab Solok Selatan, antara lain:

1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut dari BPK RI

2. Peningkatan Skor Indeks Pencegahan Korupsi tertinggi se-Sumatra Barat dari KPK RI dengan nilai 73,59 persen

3. Predikat Kepatuhan atas Penerapan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman dengan Predikat Tinggi pada Zona Hijau dengan nilai 78,34

4. Penghargaan BUKA Award 2022 kepada Bupati Solok Selatan atas Keterbukaan Informasi Publik dari Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP)

5. Peringkat 5 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja Pemerintah Kabupaten Wilayah Barat Tipe Kecil dari BKN RI

6. Peringkat 6 dari 19 kabupaten/kota se-Sumatra Barat atas Penilaian KI Sumatra Barat dalam hal Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tahun 2022 dari Komisi Informasi Sumatra Barat dengan nilai 83,21

7. Peringkat 6 dari kabupaten/kota se-Sumatra Barat atas pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah pada klaster kemampuan keuangan rendah dengan nilai 68,60 persen

8. Peringkat 9 kabupaten/kota se-Sumatra Barat atas penilaian inovasi daerah dengan predikat daerah inovatif

9. Penerbitan Sertifikat Pemerintah Daerah terbanyak dari KPK RI

10. Juara I Lomba BUMNag Berprestasi TK Privinsi Sumatra Barat oleh BUMNag Madani Lubuk Malako. (*)

Exit mobile version