Jelang Ramadan, Gubernur Sumbar Mahyeldi Tinjau Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok

Gubernur Mahyeldi

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meninjau harga dan ketersedian bahan pokok sekaligus mendengarkan keluhan pedagang di Pasar Bandar Buat, Kota Padang, Sabtu (18/3/2023). IST/ADPIM

HARIANHALUAN.ID — Menyambut bulan Ramadan 1444 Hijriah, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melakukan peninjauan ke Pasar Bandar Buat, Kota Padang, Sabtu (18/3/2023).

Kunjungan orang nomor satu di Sumbar tersebut guna memantau ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok menjelang bulan puasa.

Mahyeldi mengatakan, berdasarkan pengamatan di Pasar Bandar Buat, rata-rata bahan pokok tersedia dengan cukup dan harganya pun terjangkau. Menurutnya, kestabilan seperti ini penting apalagi menjelang bulan puasa.

“Alhamdulillah, semua kebutuhan pokok tersedia dengan cukup, belum ada kenaikan harga yang signifikan. Sampai saat ini relatif masih terjangkau,” kata Mahyeldi.

Ia menyebut, memang ada beberapa komoditas yang saat ini harganya sedikit bergerak naik, seperti telur, minyak goreng dan daging. Tapi itu masih tergolong wajar, karena pengaruh tingginya permintaan pasar. Hal ini mengingat tradisi masyarakat di Sumbar yang jamak melakukan doa bersama jelang memasuki Ramadan.

“Memang ada beberapa komoditas yang harganya sedikit bergerak naik, tapi itu masih wajar dan terjangkau, karena pengaruh tingginya permintaan pasar menjelang bulan Ramadan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera stabil kembali,” ujarnya.

Di samping itu, gubernur juga mendapat laporan dari pedagang bahwa untuk minyak goreng masih terkendala dalam pengiriman. Ia menyebut, walaupun saat ini stok masih aman, namun jika dibiarkan lama dikhawatirkan akan mengganggu ketersediaan barang di pasaran.

Menyikapi hal tersebut, gubernur berjanji akan menugaskan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar untuk membahas hal tersebut dengan para penyuplai, agar segera ada solusi, sehingga ketersediaan barang di pasaran dapat kembali normal.

“Tadi ada laporan bahwa ada kendala pengiriman untuk minyak goreng. Meski stok selama bulan Ramadan masih cukup. Tapi itu, harus segera ada solusi, jangan lama. Saya minta, Disperindag Sumbar segera bahas dengan penyuplai apa masalah sebenarnya,” kata Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam di Sumbar khususnya para pedagang dan pengunjung Pasar Bandar Buat. “Saya atas nama pribadi dan Pemprov Sumbar menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam di Sumbar. Semoga amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT,” ucapnya.

Hadir mendampingi Gubernur Mahyeldi dalam kegiatan tersebut, antara lain Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Maifrizon, serta Sekretaris, Kabid Perdagangan, dan Kabid Pengawasan Disperindag Sumbar. (*)

Exit mobile version