Ke delapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas.
Terdapat 16 kategori sebagai basis pemeringkatan corporate brand dan19kategori sebagai basis pemeringkatan product brand. Nama brand yang ditentukan ini akan menjadi basis dari penelitian dan kata kunci (keyword) dalam platform social media monitoring Isentia.
Ada ribuan subchannel berbeda yang dipergunakan untuk pengambilan data, seperti melalui Twitter, Facebook, forum-forum, dan kanal berita online.
Kemudian pengambilan data dilakukan dengan proses back-generating pembicaraan di Indonesia selama satu tahun ke belakang.
Setelah itu, barulah berbagai sentimen bisa dikumpulkan yakni, sentimen sangat positif, positif, netral, negatif, dan sangat negatif dari setiap pembicaraan berdasarkan keyword yang muncul.
Proses pengambilan data, perhitungan indeks, dan penentuan hasil tiga teratas pada peringkat digital brand akhirnya tercapai.
Sementara itu, Regional Insights Director for Emerging Markets, Southeast Asia, Isentia, LadyOchel C. Espinosa menambahkan, dalam menghadapi persaingan bisnis di eradigital, penggunaan media sosial dalam strategi komunikasi adalah keniscayaan.