Bupati Safaruddin Apresiasi Lomba Tahfiz pada Perayaan HUT TNI di Wilayah Kodim 0306/50 Kota

FOTO : Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, saat membuka rangkaian perayaan HUT TNI ke-76 di wilayah Kodim 0306/50 Kota, yang dimeriahkan dengan kompetisi Tahfiz Qur’an, Dai Cilik, Imam, serta Azan. IST/PEMKAB

LIMA PULUH KOTA, HALUAN—Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76 di wilayah Kodim 0306/50 Kota dimeriahkan dengan kompetisi Tahfiz Qur’an, Dai Cilik, Imam, serta Azan. Acara itu didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima Puluh Kota dan Pemko Payakumbuh, dan bekerja sama dengan Insan Cendekia Boarding School (ICBS).

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, dan dihadiri langsung oleh Dandim 0306/50 Kota, Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Denny Nurcahyono, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Dewan Pengasuh ICBS Payakumbuh Ahmad Maududi, dan Pimpinan ICBS Payakumbuh Roni Patihan.

Lomba Tahfiz, Dai Cilik, Azan, dan Imam diikuti oleh siswa SD dan SMP se-Kabupaten Lima Puluh Kota. Bahkan, perlombaan imam dan azan juga diselenggarakan untuk Babinsa yang bertugas di nagari-nagari di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Ini adalah terobosan baru. Meski pun baru beberapa bulan di Lima Puluh Kota, Dandim kita sudah menggagas acara yang sangat luar biasa ini. Sejak beberapa tahun yang lalu, baik ketika saya aktif di DPRD maupun di pemerintahan, ini adalah kali pertama perayaan HUT TNI dimeriahkan lomba tahfiz SD dan SMP,” ucap Safaruddin, Senin (25/10).

Ia menyatakan, Pemkab sangat mendukung lomba yang diselenggarakan tersebut, terutama lomba imam dan azan untuk para Babinsa yang akan ditempatkan di nagari-nagari. Sehingga, nantinya Babinsa tidak hanya mengayomi, tetapi juga dapat membimbing masyarakat di nagari masing-masing.

Selanjutnya, Bupati Safaruddin juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Denny Nurcahyono, karena melalui lomba ini ikut membantu mewujudkan visi dan misi daerah. Yaitu Lima Puluh Kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Di mana, salah satu misinya adalah peningkatan kualitas SDM yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.

“Maka berdasarkan visi dan misi ini, dalam tahun-tahun berikutnya di Kabupaten Lima Puluh Kota insyaAllah akan dibangun rumah-rumah tahfiz di nagari-nagari, yang kemudian diwujudkan dalam program satu nagari satu tahfiz, dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak-anak kita,” katanya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Denny Nurcahyono berharap, agar para peserta lomba, yaitu siswa-siswa yang hadir, menjadi generasi penerus dan pemimpin bangsa di masa depan. Menurutnya, dasar atau fondasi yang harus ditanam secara kuat adalah iman dan takwa, sehingga ke depannya apa pun yang terjadi dalam kehidupan, dapat kembali ke dasar dengan mencari petunjuk Allah SWT.

Denny menambahkan, kepada Babinsa yang mengikuti lomba kedepannya diharapkan dapat membimbing masyarakat di nagari dan menjadi yang terdepan dalam melaksanakan ibadah. Ia berharap acara tersebut berlanjut ke depannya sehingga tercipta generasi-generasi muda yang tangguh serta punya iman dan takwa kepada Allah SWT.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini, mari kita sukseskan acaranya, kepada peserta selamat bertanding, dan kepada para juri mari kita adakan penilaian seobjektif mungkin,”tuturnya. (h/adv)

Exit mobile version