Bank Nagari Syariah Padang Gandeng 17 Lembaga untuk Optimalkan Wakaf dan Inklusi Keuangan Syariah

FOTO: Bank Nagari Kantor Cabang Syariah Padang melaksanakan penandatanganan MoU dengan 17 lembaga pendidikan dan Nazhir Wakaf di Hotel Kyriad Bumi Minang, Selasa (26/10), disaksikan Wali Kota Padang Hendri Septa, Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra serta Pemimpin Bank Nagari Cabang Syariah Padang Heri Fitrianto. AFRIANITA

PADANG, HALUAN — Bank Nagari Kantor Cabang Syariah Padang menandatangani kerja sama dengan 17 lembaga pendidikan dan Nazhir Wakaf (pengelola wakaf) di Hotel Kyriad Bumi Minang, Selasa (26/10).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) itu disaksikan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari  Gusti Candra serta Pemimpin Bank Nagari Cabang Syariah Padang Heri Fitrianto.

Kegiatan ini menjadi langkah besar bagi Bank Nagari Cabang Syariah Padang dalam memberikan akses inklusi (pemanfaatan produk dan layanan) tentang perbankan syariah bagi seluruh masyarakat Kota Padang.

Nazhir Wakaf yang bekerja sama dengan Bank Nagari Cabang Syariah Padang di antaranya Badan Wakaf Indonesia Kota Padang, Badan Pengelola Wakaf Ar Risalah, Badan Wakaf Uang Muhammadiyah Sumbar,dan   Global Wakaf-ACT Sumbar.

Kerja sama dengan Nazhir Wakaf  ini merupakan langkah kongkret Bank Nagari yang telah ditunjuk oleh Menteri Agama sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) melalui SK Mentri Agama No. 531 tanggal 20 April 2021.

Sedangkan kerja sama dengan lembaga pendidikan yaitu Yayasan Dar El Iman, Yayasan Harakatul Qur’an, Yayasan Adzkia Sumbar, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sumbar, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang.

Kemudian Universitas Adzkia, Universitas Nahdlatul Ulama Sumbar, STAI Yastis, STAI Pengembangan Ilmu Al-Quran Sumbar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbankan Indonesia (STIEPI) dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Ar Risalah.

Kerja sama dengan lembaga pendidikan ini ditujukan  untuk memberikan layanan perbankan syariah kepada siswa dan mahasiswa dengan memanfaatkan fasilitas Sistem Informasi Manajemen Kampus dan Sekolah berupa Nagari Portal Payment yang dihadirkan spesial untuk sekolah dan kampus di Sumatra Barat.

Selain lembaga pendidikan dan lembaga Nazhir, terdapat dua komunitas yang juga ikut bermuamalah dengan Bank Nagari Cabang Syariah Padang, yaitu Harley Davidson Club Indonesia Sumbar dan Ikatan Motor Indonesia Sumbar yang berkomitmen juga untuk menjadi penggerak wakaf di Pota Padang khususnya dan Sumbar pada umumnya.

“Ini kekuatan besar yang akan menjadikan ekonomi syariah bisa dinikmati dan digunakan oleh seluruh pihak,” ujar Pemimpin Bank Nagari Cabang Syariah Padang, Heri Fitrianto.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad menyampaikan, bahwa wakaf sudah mulai masuk ke ranah digitalisasi, Unit Usaha Syariah Bank Nagari yang ditunjuk sebagai LKS PWU sudah mempersiapkan beberapa pola fund rising secara digital baik melalui aplikasi atau pun dengan memanfaatkan QRIS sebagai media yang akan memudahkan masyarakat agar terbiasa untuk berwakaf.

“Kami akan selalu berbenah dan menyiapkan infrastruktur untuk mendukung program-program unggulan Kota Padang terutama pada tatanan ekonomi syariah,” ujar Muhamad Irsyad.

Sementara itu Wali Kota Padang, Hendri Septa, juga menyampaikan hal yang senada, bahwa wakaf harus menjadi life style atau gaya hidup bagi masyarakat,dengan mulai membiasakan wakaf sedari dini dan setiap hari akan menjadikan implementasi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah menjadi sebuah keniscayaan.

Hendri Septa juga menganalogikan kekuatan dan dampak wakaf jika setiap hari seluruh masyarakat bisa berwakaf walaupun dengan angka kecil, akan tetapi rutin maka akan terkumpul dana fantastis yang bisa memberikan dampak bagi masyarakat terutama mauquf alaih (penerima manfaat).

Dalam kesempatan itu Wali Kota Padang bersama 17 lembaga yang bekerja sama dengan Bank Nagari Cabang Syariah Padang beserta seluruh OPD, camat dan ormas serta masyarakat yang hadir, menyaksikan secara langsung “Kick Off Gerakan Wakaf Kota Padang” yang dilaksanakan dengan melakukan scan QRIS milik BWI Kota Padang.

Ini menjadi langkah awal gerakan masyarakat Kota Padang untuk mengoptimalisasikan wakaf menjadi potensi umat yang bisa menjadi solusi berbagai kebutuhan bermasyarakat. (h/ita)

Exit mobile version