BAGIAN I: Mereka yang Bernostalgia di Balik Kejayaan Haluan Tahun 70-an, “Darah Kami Haluan!”

TIGA PEREMPAT ABAD HALUAN (1 OKTOBER 1948-2023)

Harian Umum Haluan memperingati HUT Tiga Perempat Abad, pada 1 Oktober 1948-2023. Sebagai koran perjuangan yang lahir di masa kemerdekaan, Haluan menjadi lokomotif media masa nasional. HUT 75 digelar sederhana penuh makna. Berikut liputan acara Tim Redaksi Haluan yang diterbitkan bersambung…!

HARIANHALUAN.id – Acara Syukuran Tiga Perempat Abad Harian Umum Haluan, Senin (02/10/23) tampil berbeda dengan peringatan HUT sebelumnya.

Mulai dari keluarga pendiri Haluan, para wartawan senior era 70-an, wartawan muda yang melanjutkan Koran Haluan saat ini, pengurus PWI, pimpinan media di Padang, Komandan Lanud St. Syahrir, Owner Haluan/Basko Group dan tentunya pimpinan dan jajaran Haluan sebagai tuan rumah.

Acara tersebut berlangsung haru dan penuh kekeluargaan. Mereka yang berkarir mengetik berita di masa lampau itu serasa bernostalgia kembali mengenang perjuangan menerbitkan Koran Haluan di masa perjuangan dulu.

Candatawa dan saling bercengkrama menghiasi peringatan tiga perempat abad Haluan tersebut. Bahkan, wartawan senior Haluan yang sudah pensiun, Jufri Syahrudin yang didapuk memberikan sambutan sekaligus tausiyah menginspirasi para yunior karyawan aktif sekarang membuat ruangan semakin semarak.

Dengan ciri khasnya bertausiyah sambil berpantung diselingi syair dendang rabab menambah keceriaan suasana HUT 75 tahun di ruang rapat Gedung Haluan, Komplek Bandara Lanud St. Syahrir Padang tersebut.

“Terima kasih Haluan, terima kasih kami sudah diundang merayakan tiga perempat abad koran kita ini. Kami sangat terharu sekali.”

“Gemuruh candatawa kita hari ini membuat kami kembali merasakan suasa ribut suara ketawa sana sini di pojok ruangan, brisiknya bunyi mesin tik tua di ruangan redaksi Jalan Damar 49 dulu. Semoga silaturahmi kita ini terus berlanjut,” ujar Jufri mewakili senior Haluan era 70-an tersebut. Juga tampak hadir diantaranya Nasrun Jon, Yaniswardi, Nofi Sastra dan Yunasbi serta wartawan senior Haluan lainnya dari berbagai daerah.

Pemimpin Umum Haluan, Zul Effendi mengucapkan terima kasih kepada pendiri dan para senior Haluan yang hadir pada kesempatan ini. “Bapak/ibu memulai berlayar, kami melanjutkan perjuangan ini. Mari kita bangun terus silaturahmi, saling berkomunikasi, pererat jabat tangan untuk perjalanan kedepan,” ujar Zul Effendi. (BERSAMBUNG BAGIAN II…)

Exit mobile version