Tunaikan Janji 10 Tahun Lalu, Pembangunan Basko City Mall Padang Dilanjutkan

Basrizal Koto didampingi putra-putri beliau, Zico Basko, Nando Basko, Wendoky Basko dan Irena Basko meninjau proyek pembangunan Basko City Mall di Jalan By Pass Kuranji, Padang.

HARIANHALUAN.id – Sempat tertunda 10 tahun, pembangunan Basko City Mall di Jalan By Pass, Simpang Taruko, Kelurahan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (20/10/2023) kembali dilanjutkan.

Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, Owner Basko Group H Basrizal Koto didampingi istri Hj. Elita Basko, putra-putri Zico Basko, Bernando Basko, Wendoky Basko dan Irena Basko serta keluarga besar Basko Group menggelar syukuran dan silaturahmi bersama ratusan anak yatim dan warga sekitar.

Basrizal Koto didampingi jajaran manajemen Basko Group menyaksikan alat berat pengeboran pondasi Gedung Basko City Mall Padang.

“Agenda hari ini (kemarin-red), khusus dihadiri anak yatim dan warga sekitar. Insya Allah, selesai pondasi nanti, kita akan selenggarakan acara seremoni dengan mengundang Pak Gubernur, Wali Kota, Ketua DPRD dan pemangku kepentingan lainnya di daerah ini,” ujar Basrizal.

Sepuluh tahun lalu, tepatnya 18 Mei 2013, di lokasi seluas hampir 5 hektar itu, dilakukan peletakkan batu pertama (ground breaking) pembangunan mall yang dulu bernama Padang Green City.

Owner Basko Group, Basrizal Koto didampingi istri, Ny. Elita Basko menyantuni anak yatim sekitar lokasi pembangunan Basko City Mall.

“Karena waktu itu belum terlalu ramai dan dari segi kelayakan bisnis saat itu belum memungkinkan, makanya pembangunan Padang Green City ditunda. Barulah sekarang, atas dorongan dan dukungan keluarga saya, terutama putra-putri yang sudah dewasa, janji 10 tahun lalu itu, kami tunaikan hari ini. Kami tentu mohon dukungan dan doa dari masyarakat Sumatera Barat, khususnya warga dan anak-anak yatim yang ada di sekitar kawasan ini,” kata pengusaha Minang yang akrab disapa Basko itu.

Basko sudah berbakti dan berinvestasi di kampung halamannya, Ranah Minang sejak tahun 80-an dulu. Putra Pariaman yang juga Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) ini, awalnya membangun mall pertama di Sumbar yang diberi nama Minang Plaza. Seiring pembangunan Basko Hotel, Minang Plaza pun berganti rupa menjadi Basko Grand Mall.

Basrizal Koto bersama Ketua RW 01 Kelurahan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Hasmi Rosadi saat syukuran dimulainya kelanjutan pembangunan Basko City Mall.

Tidak hanya mall dan hotel, Basko sejak tahun 2010 lalu juga melanjutkan penerbitan media bersejarah di Sumatera Barat, yakni Harian Haluan dan mengembangkannya di Riau dan di Kepri dengan nama Haluan Riau dan Haluan Kepri.

Tahun ini, Basko menunaikan janji membangun mall baru di kawasan pertumbuhan baru, Jalan By Pass, Kota Padang. Basko City Mall merupakan pusat perbelanjaan modern berkonsep hijau dan minimalis. Investasinya sampai selesai diperkirakan mencapai 500 miliar rupiah dan berpotensi menyerap tenaga kerja 3 ribu orang. *h/mg-dana/ipt

Exit mobile version