H. Erick Hariyona Deklarasikan Forum Ketua Pemuda Sumbar

H. Erick Hariyona

PADANG, HARIANHALUAN.ID — H. Erick Hariyona mendeklarasikan Forum Ketua Pemuda (FKP) Sumatera Barat (Sumbar) di Aula Kantor Gubernur, Selasa (28/11). Deklarasi tersebut dihadiri oleh 200 orang lebih perwakilan ketua pemuda se-Sumbar.

Erick menjelaskan bahwa FKP merupakan wadah komunikasi horizontal pemuda di tengah masyarakat. Penggeraknya pemuda yang ada di RT RW.

“Saat ini belum ada wadah komunikasi yang horizontal bagi pemuda. Yang ada organisasi vertikal. Maka, kami pemuda Sumbar membuat organisasi ini sebagai gagasan untuk penyambut tahun politik. Kami para pemuda sepakat mendirikan usaha ekonomi di tingkat bawah, seperti menciptakan ekonomi mandiri, sarana olahraga, dan UMKM. Kami melihat belum ada sentuhan pemerintah untuk menopang ekonomi di tingkat bawah,” ujar Ketua Umum FKP Sumbar itu.

Caleg DPR RI dari PPP tersebut mengatakan bahwa FKP memiliki empat pilar. Pertama, menjaga empat pilar berbangsa dan bernegara (NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika). Kedua, menjadi garda terdepan untuk menjaga budaya Sumbar. Ketiga, ikut serta dalam pembangunan dan perekonomian Sumbar. Keempat, mengawal demokrasi dan pemilu di Sumbar agar berjalan bersih, jujur, dan adil.

Sekjen FKP Sumbar, Rahmat Hanafi, menambahkan bahwa pihaknya punya ide agar ada anggaran tahunan dari pemda untuk pemuda, seperti dana untuk dana untuk RT RW. Selain itu, pihaknya memiliki gagasan untuk bekerja sama dengan Bank Nagari dengan atensi gubernur untuk modal pemuda dalam berwirausaha.

Deklarasi FKP Sumbar dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad. Erick mengusulkan kepada Fadel agar FKP menjadi organisasi nasional.  “Saya mengusulkan kepada Pak Fadel agar organisasi ini ada di provinsi lain sehingga pemuda antarprovinsi saling mengenal. Selain itu, agar FKP menjadi ormas nasional dari Sumbar,” tuturnya.

Fadel menilai FKP yang dibentuk Erick bagus karena pemuda membutuhkan spirit kewirausahaan. Dengan begitu, pemuda punya pola pikir menjadi pengusaha dan mandiri dalam hidup. “Saya berharap pemuda dapat melihat kesempatan apa yang bisa diambil untuk menjadi pengusaha di tengah masyarakat,” ucap Fadel.

Sebagai bentuk dukungannya kepada FKP, Fadel berencana untuk memfasilitasi program FKP dalam berwirausaha. Ia akan membicarakan hal itu dengan perbankan.

Perihal Erick sebagai Ketua Umum FKP Sumbar, Fadel percaya bahwa Erick dapat memimpin organisasi tersebut dengan baik karena ia mengenal Erick sebagai tokoh pemuda yang berpengalaman memimpin banyak organisasi kepemudaan. Ia bahkan menyebut Erick sebagai Gubernur Sumbar masa depan. Sebagai informasi, Erick pernah memimpin KNPI Sumbar, HIPMI Sumbar, Pemuda Pancasila Sumbar, dan Remaja Masjid Sumbar.

Khalil, perwakilan Ketua Pemuda Kuranji, Padang, mengatakan bahwa selama ini pemuda menjadi objek tokoh-tokoh politik. Dengan adanya FKP, saatnya pemuda menjadi subjek dalam berbagai bidang kehidupan. Karena itu, ia dan para pemuda lainnya siap mengantarkan Erick Hariyona menduduki kursi DPR RI. Pernyataan Khalil tersebut disetujui dengan suara keras oleh para ketua pemuda dalam acara tersebut.

Pada akhir kegiatan, 200 orang lebih perwakilan ketua pemuda itu menandatangani deklarasi FKP Sumbar di kain putih panjang. Mereka juga berfoto bersama Erick di halaman Kantor Gubernur Sumbar. (h/adv)

Exit mobile version