Menuju 20 Tahun Solok Selatan, Khairunas dan Yulian Efi Torehkan Puluhan Prestasi

H. Khairunas dan H. Yulian Edi. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID — Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, H. Khairunas dan H. Yulian Efi, di tahun 2023 ini telah menorehkan puluhan prestasi pada kepemimpinannya untuk Kabupaten Solok Selatan. Tekad membangun daerah melalui visi misi yang diusungnya telah membawa peningkatan-peningkatan hebat di setiap sektornya.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas, mengatakan, segala prestasi yang didapatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan tidak terlepas dari motto kerja supertim yang telah dibangun di awal kepemimpinan hingga sekarang ini.

“Pembangunan daerah tidak bisa dikerjakan oleh bupati dan wakil bupati saja. Kita membangun harus bersama-sama dengan kerja sama dan kolaborasi semua pihak dan masyarakat,” katanya, Rabu (27/12) di Solsel.

Berbagai prestasi yang diperoleh selama tahun 2023 ini menunjukkan bahwa Solok Selatan komitmen untuk terus melompat lebih tinggi mengejar ketertinggalannya dari kabupaten/kota lain.

Apalagi di usia Solok Selatan yang terbilang muda, setidaknya Solok Selatan telah mampu mengiringi proses pembangunan dan raihan penghargaan seperti daerah-daerah lainnya.

“Dengan kerja sama dan kolaborasi kita dapat mempercepat capaian pembangunan daerah. Ke depannya kita akan terus melompat hingga melampaui daerah lain demi terwujudnya Kabupaten Solok Selatan yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Selanjutnya prestasi dan penghargaan yang diraih Pemkab Solok Selatan ini juga bertepatan dengan momentum peringatan Hari Jadi ke-20 tahun Kabupaten Solok Selatan yang jatuh pada 7 Januari 2024 mendatang. Sehingga raihan ini menjadi persembahan bagi H. Khairunas dan H. Yulian Efi untuk 20 tahun Solok Selatan.

Adapun torehan prestasi dan penghargaan yanh diperoleh Pemkab Solok Selatan di bawah kepemimpinan H. Khairunas dan H. Yulian Efi selama tahun 2023 ini di antaranya: Terbaik I Indek Pengelolaan Keuangan Daerah se-Sumbar. Peringkat 4 MTQ Nasional XL Tingkat Sumatera Barat. Terbaik 2 Kabupaten Peduli HAM tahun 2023 di Sumbar.

Selanjutnya, Tiga Besar Terbaik Indek Penyelenggara Statistik Sektoral di Sumbar. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari kementerian terkait. Pencapaian Predikat Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan. Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat B (baik) dari Kemenpan RB. Terbaik 1 Nasional Petugas Lapangan(Enumerator Harga Tingkat Produsen).

Berikutnya, Penghargaan Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Semester I tepat waktu di Sumbar. Tokoh Penggerak Koperasi Madya kepada Bupati Solok Selatan dari Menteri Koperasi. Terbaik 1 Kelompok Bina Keluarga Balita Tingkat Provinsi Sumbar. Juara 2 Lomba Satkambling Kecamatan Pauh Duo Tingkat Nasional oleh Polres Solok Selatan. Penghargaan sebagai pemerintah daerah terbanyak mendaftarkan penduduk pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP) dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek)

Predikat WTP 7 kali berturut-turut atas laporan keuangan daerah dari BPK RI. Terbaik 2 Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Sumbar. Juara 2 Dasawisma Berprestasi tingkat Sumbar. Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI dengan kategori tinggi (zona hijau). Penghargaan Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI) Gandang Sarunai (Kesenian khas Solok Selatan) dari Kemendikbud RI

Seterusnya, Bupati Khairunas Terima Best Leader of The Year Award kategori Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Badan Usaha Milik Desa Inspiratif Tingkat Nasional Kategori BUM Desa Bermanfaat Bumnag Madani Lubuk Malako. Dan, Penghargaan Kepala Daerah yang berhasil 100 persen mentransformasikan eks Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dari Program Mandiri Perdesaan (PM-PM Mandiri) dari Kementerian Desa dan PDT. (h/adv)

Exit mobile version