Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Mahyeldi : Sepakat Akselerasi Pembangunan Proyek Infrastruktur Strategis Sumbar

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI),  Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau lokasi pembangunan ruas jalan Tol Padang-Sicincin Kamis (11/1). IST/ADPSB

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI),  Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau lokasi pembangunan ruas jalan Tol Padang-Sicincin Kamis (11/1).

Kedatangan Menteri PUPR ke Ranah Minang tersebut,  memberikan harapan dan kepastian percepatan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur strategis di Sumbar seperti jalan tol Padang-Pekanbaru, perbaikan jembatan Kiambang Padang Pariaman, penataan Fly Over kelok sembilan hingga rencana pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan, Menteri Basuki bahkan telah meminta agar PT Hutama Karya menambah jumlah tenaga kerja agar jalan tol Padang-Sicincin rampung pada bulan Juli mendatang.

“Beliau telah menandatangani dan menargetkan agar  jalan tol Padang-Sicincin selesai pada bulan Juli. Untuk pembebasan tanah, Alhamdulillah BPN menyampaikan bahwa pembebasan tanah lebih kurang sudah mencapai 98 persen. ” ujar Gubernur Mahyeldi.

Gubernur mengatakan, sebagian kecil tanah yang belum dibebaskan, saat ini  sudah berada dalam tahap penyelesaian oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bersama   Badan Pertanahan Negara (BPN).

“Kemudian ada beberapa titik yang  perlu kita koordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Pariaman sekaitan dengan exit tol, kita lihat sekarang ini hanya tinggal bagaimana HK memaksimalkan dan mendorong agar ada peningkatan tenaga kerja di setiap ruas karena memang masalah tanah sudah bisa dikatakan clear,” kata Gubernur Mahyeldi.

Selain meninjau progress pembangunan jalan tol Padang- Sicincin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Mahyeldi juga telah meninjau jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman yang tiang penyangganya terlihat miring usai diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, Gubernur Mahyeldi menyatakan Menteri PUPR  telah memerintahkan agar proses perbaikan nya segera ditenderkan jika memang perencanaannya telah selesai dilakukan.

“Beliau juga memerintahkan Balai Jalan untuk segera mereview desain penataan Kelok Sembilan. Sekaitan Fly Over Sitinjau Lauik, sudah kita tanyakan juga. Prosesnya saat ini sudah berjalan di Kementerian Keuangan,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi berharap seluruh progress pembangunan proyek infrastruktur strategis di Sumbar ini, hendaknya bisa berjalan dengan lancar. Atas dasar itu, ia meminta agar Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi untuk memaksimalkan koordinasi.

Insyaallah, saya juga sudah sampaikan kepada bapak Menteri bahwa saya akan meninjau langsung ke lapangan untuk memastikan seluruh pelaksanaan benar-benar maksimal dengan pengerahan tenaga kerja,” pungkasnya.

Dalam peninjauan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat itu, Gubernur Mahyeldi terlihat didampingi langsung Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma, Kepala Biro Adpim Mursalim, serta sejumlah pejabat BPN Sumbar dan Kementerian lainnya. (h/ADPSB)

Exit mobile version