JAKARTA, HARIANHALUAN.ID – Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1970, Sharp Electronics Indonesia telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia. Sharp berkomitmen untuk melayani dengan sepenuh hati melalui prinsip “Omotenashi”, filosofi Jepang yang mengutamakan pelayanan tulus dan perhatian yang mendalam. Omotenashi bukan hanya pedoman dalam bisnis, tetapi juga jiwa dari setiap produk dan layanan yang Sharp berikan kepada masyarakat Indonesia.
Lebih dari 55 tahun perjalanan Sharp di Nusantara, Sharp bukan sekadar merek yang mengedepankan pencapaian bisnis, namun juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada 5 Maret 2025, Sharp merayakan 55 tahun perjalanan Sharp yang penuh inovasi dan hubungan emosional yang kuat antara merek Sharp dan konsumen setianya.
“Lima puluh lima tahun perjalanan Sharp bukan sekadar angka, tetapi sebuah perjalanan penuh makna. Sharp bertekad untuk terus berinovasi dan memberikan kenyamanan lebih baik untuk keluarga Indonesia,” ucap Presiden Direktur Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka.
Perjalanan Sharp dimulai pada tahun 1971 dengan peluncuran televisi hitam-putih pertama di Indonesia, yang menjadi langkah pertama dalam transformasi teknologi tanah air. Seiring berjalannya waktu, Sharp tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga solusi inovatif yang membawa kenyamanan bagi kehidupan sehari-hari, mulai dari televisi, kulkas, AC, mesin cuci hingga teknologi penjernih udara, peralatan dapur dan smartphone.
Setiap inovasi, seperti TV LED 8K dan Plasmacluster Ion, teknologi penjernih udara, hadir dengan tujuan mulia yaitu, memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.
Pada tahun 2014, Sharp Indonesia memindahkan pabriknya dari Pulogadung ke Karawang International Industrial City (KIIC), yang kini menjadi pusat produksi utama untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia serta ekspor. Pabrik-pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 31 hektare dan mencakup empat lini produksi utama, yaitu lemari es, mesin cuci, TV dan AC.
Sejak awal beroperasi, pabrik-pabrik ini telah mencapai pencapaian yang luar biasa. Hingga saat ini, pabrik lemari es Sharp telah memproduksi lebih dari 27 juta unit, sementara pabrik mesin cuci telah menghasilkan sekitar 14 juta unit. Pabrik LED TV Sharp juga mencatatkan lebih dari 7 juta unit produksi, dan pabrik AC mencapai angka produksi 1,2 juta unit.
Keberhasilan Sharp di Indonesia tidak hanya tercermin dari pencapaian produksi saja, namun juga dari dominasi pangsa pasar yang kuat. Berdasarkan data Januari 2025, Sharp memimpin pasar lemari es dengan pangsa pasar mencapai 32,6%.
Selain itu, Sharp juga menunjukkan kekuatan di kategori mesin cuci dan AC, dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 26,1% dan 22,7%, serta TV yang meraih 14,1%. Pencapaian ini menegaskan posisi Sharp sebagai pemimpin di industri elektronik rumah tangga.