“Bapak/Ibu peserta UKM harapannya memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan mengikuti dengan serius. Mari kembangkan UKM Bapak/Ibu dengan manajemen pemasaran, jadilah UKM naik kelas dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi,” sampainya.
Nurlan, pengelola Rumah BUMN Pasaman yang diundang sebagai instruktur menyampaikan, UKM merupakan tiang perekonomian bangsa, maka melatih penggerak UKM sama dengan menggerakkan perekonomian.
“Sejak saya bergabung, Rumah BUMN hadir murni untuk peningkatan UKM. Rumah BUMN memiliki program-program yang jelas untuk membantu bisnis kecil tumbuh. Semoga melalui pelatihan ini kapasitas dan kapabilitas UKM yang hadir dapat semakin baik,” lanjut Nurlan.
Menyinggung kemajuan teknologi, tak lupa Toni menyampaikan bahwa PLN turut memfasilitasi sarana jual beli online atau marketplace melalui fitur.
“Fitur Marketplace adalah wadah pemasaran online yang awalnya kami tuju untuk UKM mitraan PLN untuk menjual dan mempromosikan produknya. Namun kini berbagai UKM maupun bisnis menengah sudah bergabung pada Marketplace PLN Mobile” ungkapnya.
Marketplace adalah peluang dari kendala keterbatasan penjualan karena kurangnya media promosi dan publikasi. “Kini semua bisa dilakukan dengan online, melalui genggaman. Maka mari Bapak/Ibu, olah produknya, kemas dengan menarik, urus perizinannya, dan pasarkan melalui Marketplace PLN Mobile.*