SINGKAWANG, HARIANHALUAN.ID — PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperluas layanan dengan meresmikan Digital Branch pertama Kota Singkawang yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro No. 25, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Kehadiran kantor cabang digital yang juga pertama di Pulau Kalimantan ini merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga untuk menghadirkan layanan perbankan modern berbasis teknologi sekaligus tetap mempertahankan sentuhan personal dalam setiap interaksi dengan nasabah.
Acara peresmian dihadiri oleh Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Head of Region Jakarta A & Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana. Seremoni berlangsung meriah dengan rangkaian acara khas budaya lokal, mulai dari Tarian Tidayu hingga atraksi Barongsai, sebagai wujud apresiasi atas keberagaman budaya masyarakat Singkawang.
Budiman menyampaikan, kehadiran cabang digital ini menegaskan langkah CIMB Niaga dalam bertransformasi menghadirkan pengalaman perbankan menyeluruh yang didukung inovasi digital terkini. Singkawang dipilih sebagai lokasi baru pembukaan Digital Branch karena potensinya yang terus berkembang sebagai salah satu pusat ekonomi dan perdagangan di Kalimantan Barat. Dengan kehadiran Digital Branch ini, CIMB Niaga ingin mendukung masyarakat Singkawang agar dapat mengakses layanan perbankan modern yang praktis, cepat, dan aman. Di samping itu, inovasi ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan literasi keuangan masyarakat.
“CIMB Niaga Digital Branch Singkawang hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi perbankan. Kami menghadirkan layanan digital yang lengkap, termasuk mesin Self-Service Banking, perangkat tablet untuk transaksi, hingga fasilitas CIMB Preferred Lounge untuk nasabah istimewa. Semua ini tetap didukung oleh kehangatan layanan personal yang menjadi ciri khas CIMB Niaga. Ini juga sejalan dengan purpose kami Advancing Customers and Society, untuk mewujudkan mimpi serta aspirasi nasabah dan masyarakat melalui layanan perbankan terkini,” ujar Budiman.
Digital Branch merupakan bagian dari upaya CIMB Niaga untuk mentransformasi layanan kantor cabang dengan menghadirkan digital experience yang unik, memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Selain Digital Branch, untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self-Service Banking dan Self-Service Tablet yang semakin mempercepat layanan kepada nasabah.
Sejak diperkenalkan pada 2023 hingga semester I 2025, konsep ini telah diimplementasikan di 54 lokasi di seluruh Indonesia, terdiri dari 25 Digital Branch dan 29 Digital Hub. Integrasi layanan digital di kantor cabang telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, termasuk memungkinkan pembukaan tabungan, penggantian kartu, dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (CIF) diselesaikan dalam waktu sekitar 5 menit melalui mesin Self-Service Banking. Transformasi ini mencerminkan upaya Bank dalam menghadirkan layanan perbankan yang lebih cepat dan simpel, sekaligus mempertahankan layanan personal kepada para nasabah.
“Dengan peresmian Digital Branch ini, CIMB Niaga mempertegas komitmennya untuk senantiasa menghadirkan solusi finansial inovatif bagi nasabah dan masyarakat melalui layanan perbankan dengan semangat bekerja dari hati,” ujar Budiman. (*)