Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Buka Kegiatan Pendampingan Produk Halal

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.ID – Kabupaten Tanah Datar ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kampanye Pendampingan Proses Produk Halal (P3H) mewakili kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Barat yang digelar secara serentak 35 provinsi se-Indonesia.

Pendampingan produk halal tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Amril di Aula Ikhlas Beramal Kantor Kemenag setempat, Jumat (15/3/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Pusat Astina, Ketua Satgas Halal Provinsi Sumatra Barat diwakili Ikrar Abdi dan Ketua Satgas Halal Kabupaten Tanah Datar/Plt. Kasubbag TU Kemenag Tanah Datar, Helmi Zuldi, serta 70 orang P3H Kabupeten Tanah Datar

Ka Kankemenag Amril dalam sambutannya menjelaskan, program sertifikasi halal itu merupakan program nasional dan untuk tahun ini Kabupaten Tanah Datar ditunjuk sebagai tempat kampanye produk halal tersebut.

Ia menjelaskan, banyak sekali dalil ayat yang mendorong dan mewajibkan untuk mengonsumsi makanan halal. Untuk itu, Amril mengajak mari sukseskan program sertifikasi produk halal itu sesuai aturan dan harapan.

Sementara Ketua Tim BPJPH Pusat, Astina menjelaskan, sasaran kampanye adalah pelaku usaha UMKM, home industri makanan dan minuman.

Teknis kampanye digelar di 15 titik lokasi di Tanah Datar yang telah ditetapkan Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, yakni Pasar Simabur Kecamatan Pariangan, Depan Kampus UIN Lima Kaum, Simpang Kampus UIN 2 Cubadak Kecamatab Lima Kaum, Pasar Batusangkar, Pasar Rambatan Kecamatan Rambatan, Pasar Saruaso Kecamatan Tanjung Emas.

Kemudian depan Istana Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas, Pasar Panyalaian Kecamatan X Koto, Pasar Sungayang, Simpang Bulakan Sungai Tarab, Pasar Sungai Tarab, Pasar Salimpaung, Pasar Tabek Patah, Pasar Balai Jum’at Lintau Buo, dan Pasar Balai tangah Lintau Buo Utara.

Selanjutnya Ketua Satgas Halal Provinsi Sumatra Barat diwakili Ikrar Abdi menyampaikan, kampanye halal tersebut digelar secara serentak di 35 provinsi se-Indonesia. Ia berharap agar kampanye halal itu dapat berlanjut sampai Mei 2024.

Tujuan sertifikasi halal ialah untuk memastikan bahwa semua produk yang diproduksi UMKM, home industri itu halal. Dan ia meminta untuk menuntaskan, serta menyegerakan sertifikasi kantin halal semua madrasah di bawah naungan Kementerian Agama.

Kemudian ia juga berharap berkampanyelah dalam bentuk foto, share di FB, tik tok, twitter, instagram, ceramah/khutbah, dan youtube, serta media lainnya. (*)

Exit mobile version