Gunakan Lampu Cas, Jorong Tigo Niniak Butuh Penerangan Listrik

Wali Nagari Situmbuk, Epi Mardian Dt Majo Paduko Kayo

Wali Nagari Situmbuk, Epi Mardian Dt Majo Paduko Kayo

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung, mengeluhkan terkait minimnya penerangan listrik, terutama di wilayah Jorong Tigo Niniak, Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar). 

Menurut Wali Nagari Situmbuk, Epi Mardian Dr Paduko Majo Kayo bahwa ada 26 kepala keluarga yang membutuhkan listrik di daerahnya. Karena, menurutnya, daerah tersebut adalah jalur alternatif dan jalur ekonomi dari wilayah Situjuah, Lima Puluh Kota, menuju Batusangkar. 

“Saat ini ada sekitar 26 kepala keluarga yang butuh listrik. Karena selain berada pada jalur alternatif, daerah itu juga cukup ramai sebagai perlintasan ekonomi warga,” katanya kepada Harianhaluan.id, Rabu (3/8/2022). 

Epi menjelaskan bahwa kendala di lapangan yang mungkin menjadi pertimbangan pihak PLN adalah jarak sekitar dua kilometer dari tiang utama. 

“Jarak dari tiang utama sekitar dua kilometer, namun jumlah kepala keluarga hanya dua enam, maka hal itu mungkin jadi pertimbangan lambannya pihak terkait memasang tiang listrik ke wilayah dimaksud,” ujarnya.

Saat ini pemerintah nagari telah mengupayakan pengurusan surat kepada pihak terkait, namun hingga hari ini belum ada tindaklanjutnya. Mirisnya, untuk mensiasati penerangan warga setempat membawa lampu cas yang dititip di rumah saudaranya, lalu pada malam hari mereka bawa ke tempat tinggalnya. 

“Kami dari pemerintah sudah menyurati semua pihak agar pemasangan tiang listrik itu segera dilakukan, karena kebutuhan masyarakat sangat banyak. Bahkan untuk mensiasati listrik, mereka mencas di rumah saudaranya, lalu saat malam tiba mereka membawa lampu cas itu ke tempat tinggalnya,” ucapnya. (*) 

Exit mobile version