Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka Tuan Rumah MTQ Nasional Tingkat Kabupaten

MTQ

Bupati Pasbar, Hamsuardi melantik panitia MTQ nasional tingkat Kabupaten Pasaman Barat di Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat. Menyambut kegiatan tersebut agar berjalan dengan baik, dibentuk tim kerja dan panitia MTQ di Masjid Nurul Ikhlas Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Selasa (30/8/2022).

Pelantikan tim kerja dan panitia MTQ Nasional XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022 oleh Bupati Hamsuardi itu diharapkan bisa menjadi tim yang solid dan mampu berkoordinasi dengan baik.

“Kolaborasi tim panitia kecamatan dan kabupaten harus mampu bekerja sama dengan baik. Sehingga kegiatan MTQ nasional tingkat Kabupaten Pasaman Barat ini berjalan dengan maksimal,” kata Hamsuardi.

Ia menambahkan, MTQ ini sebagai ajang menyemarakkan Al-Qur’an di Bumi Mekar Tuah Basamo. Sebab, tim Kerja Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XI Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022 bertugas mempersiapkan dan memverifikasi administrasi semua tahapan kegiatan MTQ, menfasilitasi secara teknis pelaksanaan kegiatan, mengoordinir semua tahapan kegiatan dan mengoordinir panitia lokal.

“Kita harapkan MTQ nasional tingkat Kabupaten Pasaman Barat ini berjalan sukses. Karena diajang ini juga kita mencari bibit unggul kafilah MTQ, yang akan kita bina untuk ajang MTQ nasional tingkat Provinsi Sumbar. Karena target kita di MTQ tingkat Sumbar nanti lima besar,” katanya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Pasbar, Muhammad Nur mengatakan, MTQ merupakan sarana untuk mengembangkan gemar membaca Al-Qur’an untuk generasi muda Pasbar. 

“Makanya kita harapkan ketika MTQ berlangsung banyak masyarakat yang mendengarkan kafilah membaca Al-Qur’an,” katanya.

Ia juga berharap MTQ di Koto Balingka dijadikan rol model sebagai MTQ yang banyak ditonton dan disaksikan masyarakat Pasbar. “Meriah dan sukses, sehingga Koto Balingka menjadi lumbung kafilah,” katanya.

Tim kerja MTQ ini terdiri dari Pelindung yakni bupati, wakil ketua, ketua DPRD, Dandim, Kapolres Pasbar. Sedangkan penanggung jawab Sekda Hendra Putra, Ketua Umum Kakan Kemenag Pasbar. Diikut oleh bidang-bidang yang diketuai oleh OPD, Kemenag Pasbar, tim Kecamatan Koto Balingka dan stakeholder terkait lainnya. (*)

Exit mobile version