Nagari Air Bangis Gelar Bimtek Pengurus PKK Nagari dan Jorong

PKK Pasbar

Narasumber bimtek kepengurusan PKK di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas. Osniwati

HARIANHALUAN.ID – Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk kepengurusan PKK nagari dan jorong yang diselenggarakan di aula kantor wali nagari setempat, Kamis (8/9/2022).

Menurut Ketua TP PKK Titi Hamsuardi bahwa gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) harus mampu menghadapi dinamika dan perubahan yang ada di tengah masyarakat.

Sehingga menuntut adanya sebuah gerakan untuk menumbuh kembangkan sikap dan perilaku masyarakat yang baik, mandiri dan menjadikan keluarga yang hebat dan tangguh. Melalui kolaborasi antara TP PKK nagari, kecamatan, kabupaten hingga pemangku kepentingan dan pihak terkait lainnya. 

“Bimtek ini salah satu upaya mengoptimalkan kemampuan pengurus TP PKK dalam semua tingkatan mulai dari nagari, kecamatan hingga kabupaten yang nantinya pelaksanaan kegiatan PKK di Kabupaten Pasaman Barat dapat berjalan sebagaimana mestinya,” kata Titi Hamsuardi. 

Ia menambahkan bahwa tantangan dan perubahan karakteristik masyarakat memerlukan upaya pencegahan dan penanggulangannya, sehingga kondisi ini memerlukan pemikiran serius dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat tidak terkecuali TP PKK sebagai mitra pemerintah. 

“Saat ini melalui gerakan PKK harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahayanya perkawinan dini, peran orang tua dalam menerapkan pola asuh anak dan remaja di era digital,” katanya.

Sementara itu, Camat Sungai Beremas, Asrinal menyampaikan terima kasihnya atas pelaksanaan bimtek di Kecamatan Sungai Beremas, dimana sangat bermanfaat bagi pengurus PKK untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dalam menghadapi perubahan perubahan sikap masyarakat.

“Ikuti bimtek ini dengan baik, karena kami sadar PKK ini sangat dibutuhkan sebagai mitra pemerintah dalam mengayomi permasalahan-permasalahan di tengah masyarakat,” kata Asrinal.

Wali Nagari Air Bangis, Nelvia Warman menyampaikan bahwa anggota kepengurusan PKK Nagari Air Bangis perlu bimbingan dalam menggerakkan untuk lebih baik kedepannya.

“Semoga melalui bimbingan teknis ini dapat meningkatkan kemampuan dari kepengurusan, untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat serta kepengurusan PKK akan lebih baik kedepannya,” katanya. (*)

Exit mobile version