Tujuh Tahun Masyarakat Menunggu, Jembatan Baringin Sakti Lintau Buo Kembali Dibangun

Jembatan Tanah Datar

Bupati Eka Putra saat meninjau pembangunan kembali jembatan di Jorong Baringin Sakti, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, Sabtu (10/9/2022). Emrizal

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Jorong Baringin Sakti, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo, merasa bersyukur. Karena selama tujuh tahun penantian, jembatan penghubung menuju Jorong Gunuang Saribu, Nagari Tigo Jangko kembali dibangun. 

Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat meninjau langsung proses pembangunan kembali jembatan sepanjang 68 meter itu berharap pengerjaannya sesuai perencanaan.

“Keberadaan jembatan ini sangat vital bagi keselamatan warga. Oleh karenanya, harus dibuat kokoh, jangan dikerjakan asal jadi,” tutur Bupati Eka Putra, Sabtu (10/9/2022).

Menurut Eka Putra, pembangunan kembali jembatan dengan lebar 2,4 meter yang  menyeberangi Batang Sinanar tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Sangat vital dan sudah lama diidam-idamkan masyarakat setempat. 

“Jembatan Tapian Kelambu ini hanyut akibat tingginya arus Batang Sinamar pada 2016. Lama masyarakat menantikan, saat ini penantian itu berbuah manis, dengan telah dimulainya kembali pembangunannya,” ucap Bupati Eka Putra.

“Jembatan ini dibangun lebih tinggi dari permukaan air saat banjir, lebih kurang 160 cm dengan kekuatan beban kendaraan yang melewati lebih kurang lima ton  kapasitas mobil penumpang. Ditargetkan rampung pada November mendatang,” ucapnya. 

Bila jembatan tersebut selesai nantinya, akan mempersingkat jarak tempuh warga sejauh 6 km, dengan sendirinya akan menghemat biaya angkut berbagai hasil perkebunan dari nagari yang dilalui.

“Struktur bangunan berbeda dangan yang sebelumnya. Walau jenisnya jembatan gantung, namun yang dibangun sekarang bisa dilalui kendaraan roda empat, sementara sebelumnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujarnya. 

Jondra P Chaniago, warga Jorong Baringin Sakti mengungkapkan rasa syukur. “Kami atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Eka Putra, yang telah merealisasikan janjinya membangun kembali jembatan ini, sehingga akan mempermudah jalur transportasi masyarakat Talago Bujua dan Koto Panjang, serta Tanjuang Bonai Aua,” tuturnya. 

Menurut Jondra, dengan selesainya jembatan ini nanti akan mempermudah transportasi bagi masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan, seperti karet dan lainnya ke pasar. 

Turut mendampingi Bupati Eka Putra saat meninjau pembangunan jembatan tersebut, anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Jefri Masrul, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Camat Lintau Buo, Afrizal dan Wali Nagari Taluak, Pendi Aswil. (*)

Exit mobile version