Hidup Rukun Dalam Keberagaman, Nagari Kunangan Parik Rantang Sijunjung Diresmikan Jadi Kampung Pancasila

Forkopimda Kabupaten Sijunjung berfoto bersama didepan tugu Garuda Kampung Pancasila, Kamis (22/9) di Kenagarian Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang Baru.

Dandim 0310/SS : Tanamkan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat

HARIANHALUAN.id – Komandan Kodim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.Pol didampingi Wakil Bupati Sijunjung H.Iraddatillah dan Forkopimda meresmikan Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang Baru sebagai Kampung Pancasila, Kamis (22/9).

Dalam kesempatan itu tersebut, Dandim 0310/SS mengatakan bahwa pembentukan Kampung Pancasila tersebut adalah ide dan petunjuk dari Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahman untuk setiap Kodim atau setiap kabupaten dan nanti dilanjutkan di kecamatan ada Kampung Pancasila.

“Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman,” ucapnya.

Endik juga menjelaskan, adapun tujuan dibentuknya kampung pancasila tersebut tak lain dan tak bukan hanya untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis dilingkungan masyarakat walaupun berbeda suku, ras dan agama.

“Termasuk warga di Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang ini, dimana warga atau penduduknya beragam macam adat, budaya, bahasa dan agama serta mereka bisa hidup rukun dan berdampingan satu sama lainnya. Oleh karena itu, Nagari Kunpar yang terdiri dari Sembilan Jorong ini kita jadikan sebagai Kampung Pancasila,” tuturnya.

Dandim juga menambahkan, dengan diresmikannya Kampung Pancasila di Nagari Kunpar tersebut juga sebagai usaha pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir pancasila dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama serta mendorong masyarakat agar saling menghormati dan menghargai sesama guna kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Bersama TNI kita berharap kampung pancasila ini sebagai contoh untuk Nagari, Jorong maupun Kecamatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semangat masyarakat menghayati nilai-nilai luhur bangsa dan negara dalam pengamalan Pancasila, dimana masyarakat saling menghormati dan bergotong royong dalam membangun NKRI,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung H.Iraddatillah memberikan apresiasi kepada Dandim 0310/SS beserta personilnya yang telah memprakarsai terbentuknya kampung Pancasila tersebut.

” Salut dan apresiasi kepada semua pihak beserta warga masyarakat Kenagarian Parik Rantang, khususnya Kodim 0310/SS yang telah memprakarsai terbentuknya kampung Pancasila di Nagari Kunpar. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat bagus untuk menggugah hati dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan serta menanamkan rasa patriotisme kepada segenap warga masyarakatnya,” katanya.

H.Iraddatillah menyampaikan bahwa kondisi masyarakat Kabupaten Sijunjung yang sangat beragam dari sisi suku, agama dan budaya dapat menjadi alat pemersatu untuk bersama-sama berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Sijunjung serta berharap agar tetap menerapkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dalam bingkai kebhinekaan sehingga dapat tercipta kehidupan yang aman, damai dan sejahtera

“Pancasila adalah dasar negara, dan merupakan harga mati yang tidak tergantikan. Diharapkan dengan program yang dilaksanakan dalam kampung pancasila ini dapat membentuk kepribadian yang unggul, menghasilkan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual, menjadikan masyarakat yang toleran, menerapkan musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan serta penerapan dalam kehidupan,” harapnya.

Diakhir kegiatan, Forkopimda Kabupaten Sijunjung disuguhkan berbagai macam pertunjukan kesenian yang ada di Nagari Kunpar, seperti tari tor tor dari Medan, tari perang dari Kabupaten Nias, Randai, serta seni budaya lainnya. (ogi)

Exit mobile version