PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID — Pemda Kabupaten Padang Pariaman merespon cepat permintaan Wali Nagari Lareh nan Panjang, tentang layanan bagi salah seorang warganya yang kurang mampu.
Permohonan Bantuan Kesehatan Pemerintahan Nagari Lareh Nan Panjang pada Kamis (2/5) tersebut, adalah atas nama Naura (7), warga Korong Ampalu. Unsur Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Ampalu Kab.Padang Pariaman segera melaksanakan kunjungan (visit) ke rumah Naura pada Jumat (3/5).
Wali Nagari Lareh Nan Panjang, Muskinta, pada Jumat (3/5) menyebutkan, surat permohonan dan komunikasi Wali Nagari Lareh Nan Panjang ke Dinas Sosial dengan Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Siska Primadona, SSTP.,M.Si pada hari Kamis tanggal 2 Mei 2024, langsung direspon dan difollow-up pada tanggal 3 Mei 2024 dengan melaksanakan visit ke rumah warga yang mengalami gangguan kesehatan.
Wali Nagari Lareh Nan Panjang menyebutkan, di samping kondisi keluarga kategori miskin tentu perlu perhatian dan tanggap dalam layanan kesehatan si anak. Juga dipandang perlu pendampingan intensif dalam hal kesehatannya.
Muskinta selaku Wali Nagari Lareh Nan Panjang mengucapkan terima kasih pada Dinas Sosial, Siska Primadona (Kabid. Perlindungan Perempuan dan Anak), Doni Efriadi,S.Sos (Kabid. Rehabilitasi Sosial), Kasni,S.Sos ( Fungsional) dari Dinkes.Yani Agustian, Puskesmas Ampalu , dr. Novita,Bidan An dan perangkat nagari visit ke rumah warga yang mengalami gangguan kesehatan.
“Saya pribadi merasa sinergi kuat dan prima dengan Pemda Kab. Padang Pariaman. Pemerintahan Nagari Lareh Nan Panjang selalu merespon cepat perihal permohonan butuh bantuan dan penangan kesehatan,” katanya.
Siska Primadona selaku Kabid.Perlindungan Perempuan dan Anak menjelaskan bahwa pihaknya selalu berupaya respon cepat tanggap terkait layanan sosial di wilayah kerja Kab.Padang Pariaman. “Dengan adanya komunikasi yang positif seperti permohonan yang dijelaskan Pak Wali Nagari Lareh Nan Panjang sebelumnya, kami Dinsos berupaya proaktif dan prima menanggapi apalagi terkait dengan sosial. Maka dari itu kita lanjut komunikasi intens ke pihak terkait juga seperti Dinkes dan Puskesmas setempat untuk segera di follow up dengan cara menindak lanjuti dengan cara visit ke lokasi sesuai permohonan dan komunikasi yang masuk ke kami,” ujarnya.
Yani Agustin perwakilan Dinkes.Kab.Padang Pariaman juga turut visit, menuturkan bahwa dengan komunikasi yang baik antar instansi Dinkes siap memberikan layanan kesehatan. “Melihat kondisi hari ini kita berupaya untuk memberikan pelayanan di awal untuk ditindaklanjuti sampai penanganan khusus terhadap pemulihan kesehatan si anak atas nama Naura perihal pelayanan kesehatannya. Kami berterima kasih dengan koordinasi yang baik bersama Dinsos,Puskesmas Ampalu dan Pemerintahan Nagari Lareh Nan Panjang atas informasi yang diberikan. Langkah awal kita urus BPJS nya dulu agar mendapat pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin,terus diharapkan pihak keluarga bersabar dan intens dalam pendampingan si anak lebih lanjut agar si anak dapat pelayanan kesehatan yang layak,” ujarnya. (*)