Terungkap Saat Musrenbang, Warga Nagari Parambahan Telah Lama Menanti Pembangunan Kapalo Banda Palo Koto

Nagari Parambahan

Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Abrar menerima naskah usulan pembangunan Nagari Parambahan saat musrenbang, Senin (26/9/2022). Emrizal

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, sudah sejak lama mengharapkan pembangunan Kapalo Banda Palo Koto, untuk mengairi areal persawahan sekitar 300 hektare.

Harapan masyarakat tersebut terungkap, ketika Wali Nagari Parambahan, Robi Yasdi saat membuka musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrenbang) Nagari Parambahan di aula kantor wali nagari setempat, Senin (26/9/2022).

Menurut Robi, seandainya pembangunan Kapalo Banda bisa menjadi kenyataan, masyarakat tidak akan kesulitan lagi menghadapi kemarau panjang, mengingat selama ini seandainya hujan tidak turun, maka sawah masyarakat pada empat jorong, masing-masing Jorong Kubu Manganiang, Tigo Niniak, Kubu Batanduak dan dan Jorong Tiga Batua akan kekeringan.

“Untuk membangun Kapalo Banda Polo Koto ini, diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp200 juta. Dana sebesar itu tidak boleh dimasukkan ke APBNagari,” kata Robi Yasdi di hadapan Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Abrar.

Selain itu, kata Robi, kita juga butuh biaya Rp300 juta untuk rehabilitasi atau perbaikan jaringan irigasi. Jika dua kegiatan ini dapat dianggarkan dan direalisir, maka sudah hampir dipastikan akan dapat meningkat perekonomian atau kesejahteraan masyarakat.

Sementara Staf Ahli Bupati Abrar mengatakan, usai menjalani masa sulit karena dilanda Covid-19, peningkatan perekonomian memang sudah menjadi program Pemkab Tanah Datar, salah satu di antaranya tentu di sektor pertanian, di samping UMKM dan industri kecil dan industri rumah tangga.

“Usulan yang disampaikan wali nagari tentang pembangunan Kapalo Banda Palo Koto memang sudah sangat tetap sekali, tinggal lagi bagaimana kondisi keuangan daerah Tahun 2023, jika memang mendukung kenapa tidak,” kata Abrar.

Berkaitan dengan pesta demokrasi yang tidak berapa lama lagi, Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan ini berharap agar lebih dewasa dalam menentukan pilihannnya. “Mari kita jalani pesta demokrasi secara arif dan bijaksana, jangan semata-mata mengedepan uang, tetapi pilihlah figur yang bisa membawa perubahan,” ucapnya. (*)

Exit mobile version