Pemerintah Nagari Tarantang Salurkan BLT DD Tahap Akhir

Nagari Tarantang

HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Nagari Tarantang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat (Sumbar), melakukan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk Desember atau tahap terakhir di Tahun 2022, Jumat (2/12/2022).

Penyaluran BLT DD digelar di Kantor Wali Nagari Tarantang, yang dimulai pada pukul 14.00 WIB. Bantuan untuk Desember Tahun 2022 ini disalurkan kepada 110 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mana setiap masing–masing menerima bantuan sebesar Rp300.000.

Kasi Kesejahtreraan Pemerintah Nagari Tarantang, Bima Amela Gafar mengatakan, besaran BLT sesuai Pasal 33 ayat (5) PMK 190 Tahun 2021 bahwa bantuan langsung tunai dana desa Tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp300.000, untuk bulan pertama sampai dengan bulan kedua belas bagi KPM.

Ia mengatakan, kriteria penerima BLT DD itu di antaranya keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di nagari bersangkutan dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Kemudian keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau dari APBN, keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 dan belum menerima bantuan, serta rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

“Informasi tentang penyaluran BLT DD pada Desember ini sudah kami informasikan tiga hari sebelumnya kepada seluruh masyarakat Nagari Tarantang penerima manfaat, untuk penyerahannya dilakukan pada Jumat siang ini di Kantor Wali Nagari Tarantang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dalam rapat koordinasi nantinya berharap di Tahun 2023 jumlah KPM BLT DD Tahun 2022 yang semula berjumlah 110 orang bisa ditingkatkan lagi, karena masih banyak masyarakat Nagari Tarantang yang masih membutuhkan BLT DD yang sesuai kriteria.

Salah seorang penerima manfaat, Arnis menyebutkan, sangat bernyukur dan berterima kasih kepada Pemerintahan Nagari Tarantang atas program ini. “Terima kasih banyak Pak Wali Nagari, terima kasih banyak Pak Bamus, untuk program bantuan yang telah disalurkan kepada kami masyarakat Nagari Tarantang. Semoga bermanfaat bagi kami yang menerima dan berkah pahala untuk bapak dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Proses penyaluran BLT DD di Nagari Tarantang berlangsung dengan tertib dan berjalan dengan lancar. Dan diharapkan kepada warga penerima, agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain. (*)

Exit mobile version