Nagari Bomas Solok Selatan Belajar Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik ke III Koto Aur Malintang Padang Pariaman

HARIANHALUAN.id – Pemerintahan Nagari Bomas Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan menyambangi pelayanan publik dan anjungan sistem pelayanan (Sipena) online Nagari III Koto Aur Malintang, Sabtu (3/12/22). Kunjungan dalam rangka studi tiru pelayanan publik, nagari digital dan keterbukaan informasi publik serta inovasi dalam pelayanan publik nagari.

Rombongan pemerintahaan Nagari Bomas terdiri dari 9 orang anggota Badan Musayawarah Nagari dan 15 orang perangkat nagari yang tediri dari sekretaris nagari, Kaur, Kasi dan wali korong se nagari Bomas. Rombongan ini dipimpin lansung oleh Ketua Bamus dan sekretaris nagari.

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Wali Nagari III Koto Aur Malintang Azwar Mardin dan Ketua Bamus Yasmahadi berserta anggota Bamus Darmawi, Ris Jubirman, Nazirwan, Elvi Maryunita dan berangkat nagari lainya.

“Selamat datang dan terimakasih kepada jajaran pemerintahan Nagari Bomas yang telah berkenan mengunjungi nagari kami. Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami yang menanti rombongan lengkap pemerintahan Nagari Bomas Solok Selatan rangka menjalin tali silaturahim bersama jajaran pemerintahan Nagari III Koto Aur Malintang,” kata Azwar Mardin.

Azwar berharap, melalui kunjungan tersebut sesama penyelenggara pemerintahan nagari bisa saling berbagi informasi terhadap pelayanan publik nagari digital serta keterbukaan informasi publik,serta inovasi inovasi dalam pemerintahan Nagari III Koto Aur Malintang dengan Nagari Bomas. Begitu juga sebaliknya kelebihan nagari Bomas bisa juga di terapakan di Nagari III Koto Aur Malintang.

Selain itu, kerterbukaan informasi publik sangat penting peranya dalam kesuksesan dalam menjalankan pemerintahan dengan komitmen dan integritas yang tinggi, mampu mewujudkan transparansi publik yang baik dimata masyarakat nagari, serta minimalisir kecurigaan yang timbul dapat menghambat program yang di laksanakan.

“Peran penting membuka informasi publik berdampak sangat baik untuk pemahaman masyarakat terhadap pemerintahan nagari,” sebut Azwar.

Wali Nagari Bomas yang diwakili oleh Sekretaris Nagari Helfi Yunasri menyampaikan permohonan maaf bapak wali nagari Bomas tidak bisa ikut dan hadir karena kesehatan beliau sehari sebelum berangkat kurang mendukung.

Lebih lanjut Helfi menyampaikan dan berharap kepada seluruh perangkat Nagari Bomas dapat melihat dan menggali ilmu pelayanan publik nagari III Koto Aur Malintang serta inovasi dan keterbukaan informasi publik yang merupakan terbaik saat ini di Sumatera Barat. Prestasi III Koto Aur Malintang agar juga bisa diterapkan di Nagari Bomas nantinya.

“Tentu ini perlu juga dukungan ketua dan anggota Bamus Nagari Bomas yang juga hadir bersama kita saat ini,” ujarnya.

Tak Salah, Nagari III Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman menjadi Salah satu nagari terbaik di Sumatera Barat dalam keterbukaan informasi publik, juga Inovasi pelayanan publik yang begitu cerdas dan apik dalam pelayanan kepada masyarakat.

Mairinaldo Saputra Ketua Bamus Bomas dalam sambutan mengatakan kehadiran hari ini ke Nagari III Koto Aur Malintang bersama rombongan berharap dapat pengalaman baru bagaimana peran lembaga Bamus nagari sangat penting untuk kesuksesan dan kemajuan nagari kedepan, serta prestasi nagari muncul merupakan buah komitmen yang tinggi bamus dengan wali nagari mempunyai peran dan fungsi berbeda namun saling dukung mendukung dalam menjalankan program pemerintahan nagari.

Selanjutnya, Yasmahadi Ketua Bamus Nagari III Koto Aur Malintang yang di dampingi oleh Sekretaris Bamus Darmawi mengatakan kunci dalam menjalankan pemerintahan ialah saling memahami fungsi masing-masing, Bamus adalah lembaga legislasi di nagari, setiap program yang akan direncanakan perlu ada komunikatif terjadi dengan wali nagari dalam mewujudkan program yang akan dilaksanakan. (HN-AZWAR MARDIN)

Exit mobile version