Desa Santur Rumuskan Langkah Penanganan Anak Lewat Rembuk Stunting Desa

Kontributor Popy Rahma Ningsih

HARIANHALUAN.ID – Stunting menjadi salah satu isu penting yang dihadapi Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia perlu benar-benar memikirkan langkah yang tepat dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Salah satu garda depan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting adalah desa. Dengan adanya dana desa, maka desa bisa melakukan upaya pencegahan dan penanganan stunting.

Pemanfaatan dana desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi dan perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di desa.

Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Desa, seluruh pemangku kepentingan di desa merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting, Pemerintah Desa Santur memberikan bantuan kepada tujuh anak yang terindikasi stunting.

“Pemerintah Desa Santur memberikan perhatian khusus dalam penanganan stunting. Karena sangat menentukan kualitas tumbuh kembang anak kedepannya,” ucap Sri Adianto selaku Kepala Desa Santur.

Penyerahan bantuan dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Santur dan diserahkan langsung oleh Kepala Desa Santur didampingi Sekretaris Desa, Kasi Kesra, Kasi Pemerintahan, Petugas Administrasi Desa dan Kader KPM Desa Santur. (*)

Exit mobile version