Lestarikan Seni Budaya Minangkabau, Sanggar Mariam Tomong Terima Bantuan Tambua Tansa Baru

Kontributor: Anton Irza

Nagari Koto Rantang

HARIANHALUAN.ID – Melestarikan seni budaya khususnya seni tari, seni vokal dan seni musik, anggota DPRD Agam, Hendrizal menyalurkan alat musik tradisional tambua tansa, lengkap dengan kostum dan sound sistem untuk Sanggar Seni Mariam Tomong di Jorong Mudiak Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kamis (15/12/2022).

Bantuan alat musik tradisional tambua tansa lengkap dengan kostum dan sound sistem ini merupakan hasil advokasi Hendrizal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam. Penyerahan tersebut dilakukan di Balai Pemuda Jorong Mudiak Palupuh.

Hendrizal mengatakan, bantuan ini merupakan usulan masyarakat yang disampaikan oleh Sanggar Mariam Tomong dalam pertemuan beberapa waktu lalu, sebagai upaya melestarikan seni budaya khas Minangkabau. Hal ini pun sesuai dengan program dari Pemerintah Kabupaten Agam, untuk melestarikan kebudayaan Minangkabau di daerah ini.

Lebih lanjut Hendrizal mengatakan, langkah ini juga merupakan bentuk perhatian dari DPRD Kabupaten Agam untuk terus membangun masyarakat di daerah ini, serta memberi semangat kepada generasi muda untuk terus berkarya.

“Dengan harapan semakin banyaknya variasi kegiatan positif di dalam nagari, bisa menjadikan anak nagari lebih aktif dan produktif, serta terbentengi dari hal-hal negatif yang akan merusak diri dan lingkungan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Kebudayaan menyampaikan syarat wajib bagi Sanggar Mariam Tomong atas bantuan yang diterima, apabila selama dua bulan alat-alat tersebut tidak digunakan, maka wajib dipindahkan ke sanggar lain yang aktif dan Dinas Kebudayaan akan selalu melakukan pemantau untuk sanggar yang aktif.

Jupri juga menyampaikan undangan khusus untuk Sanggar Mariam Tomong mengikuti Festival Tambua Agam Tahun 2023 dan dengan telah semakin lengkapnya alat serta kostum yang diterima, bisa menjadi yang terbaik dalam festival tersebut.

Untuk informasi, bagi peserta Festival Tambua Tansa Kabupaten Agam Tahun 2023, setiap sanggar dan peserta yang terpilih dan diundang akan mendapat akomodasi penuh dari Pemerintah Kabupaten Agam, serta hadiah bagi pemenang.

Sementara Wali Nagari Koto Rantang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang besar semua pihak kepada Sanggar Mariam Tomong Mudiak Palupuah, Nagari Koto Rantang.

Dan menyampaikan pesan kepada seluruh anggota sanggar untuk terus berkarya dan terus menjaga, serta melestarikan seni dan budaya Minangkabau khususnya di Nagari Koto Rantang. “Kami meminta Sanggar Mariam Tomong untuk bisa menciptakan bibit-bibit baru dengan kaderisasi, sehingga akan ada kegiatan berkelanjutan yang terjaga dan akan menjadi warna bagi setiap generasi,” tuturnya.

Pada acara serah terima tersebut dihadiri, antara lain Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Jupri, Wali Nagari Koto Rantang, Novri Agus Arta Wijaya, Wali Jorong Mudiak Palupuh, Rahmat Fadilah dan pengurus serta anggota Sanggar Mariam Tomong.

Kegiatan serah terima diakhiri dengan membuat tanda tangan di bagian salah satu tambua oleh Hendrizal, Kabid Kebudayaan Jupri dan Wali Nagari Koto Rantang, Novri Agus Arta Wijaya. (*)

Exit mobile version