DWP Kabupaten Padang Pariaman Peringati HUT Ke-23, Bupati Suhatri Bur: Era Digital Kaum Ibu Harus Cerdas

Kontributor Muskinta

HUT DWP Padang pariaman

HARIANHALUAN.ID – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Padang Pariaman memperingati HUT yang ke-23 tahun dengan tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital” di Parit Malintang, Kamis (15/12/2022).

Ketua DWP Kabupaten Padang Pariaman, Yanti Rudy Rilis di Gedung IKK Parit Malintang mengatakan bahwa hari ini merupakan kegiatan tahuanan, dimana dengan HUT DWP yang ke-23 ini menjadi spirit bagi kaum ibu-ibu untuk selalu berbuat yang terbaik bagi daerah dan negara.

“Tentu kami berharap, bagaimana DWP ini semakin dewasa dan semakin matang dalam mendukung setiap program pemerintahan dan juga mendukung karir suami. Dan ini menjadi rujukan bagi kami para ibu DWP untuk selau pro aktif dan sinergi membangun pemerintahan bersama Bapak Bupati dan pejabat lainnya agar Kabupaten Padang Pariaman ini berjaya,: katanya.

Di samping itu, Yanti Rudy Rilis juga berharap pada ibu-ibu DWP bisa ikut berpartisipasi pada era digital ini dan mampu mengembangkan secara publik aksi kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Kegiatan bisa dipublikasikan melalui medsos, sehingga kegiatan yang sifat positif bisa diterima di tengah masyarakat, Aamiinn,” ujarnya.

Adapun program yang telah diluncurkan di Tahun 2022 ini, seperti bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan keagamaan. Antara lain yang telah dilakukan, kegiatan bazar murah bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan, kunjungan ke panti asuhan dengan pemberian santunan, peduli gempa Pasaman dan Cianjur di akhir tahun ini, dan banyak hal lain juga yang bisa dilakukan. 

“Pada acara HUT ini yang beranggotakan istri-istri OPD terkait yang tergabung di dalamnya kurang berkisar 300 orang,” ujarnya.

Yanti Rudy Rilis, pertanggal 31 Agustus 2021 yang telah mengemban amanah ini telah banyak yang diraih DWP, seperti juara favorit lomba merangkai bunga tingkat provinsi, juara 3 lomba membuat e-reporting, juara harapan 1 line dance. “Prestasi yang diperoleh ini tentunya berkat semua pihak yang telah mensupport kami, terutama ibu-ibu anggota DWP,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman, Suhartri Bur yang berkesempatan hadir memberikan motivasi kepada DWP untuk ikut serta membangun dan membesarkan bangsa ini. “Jadi ini juga diberikan tugas bersama kepada ibu-ibu DWP semua, sehingga tidak hanya tertumpang, tertumpu pada bapak-bapak saja. Ini yang barangkali kita semangati bersama untuk memajukan daerah dan juga program dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Bupati menerangkan, walaupun tidak tertuang secara jelas dalam peraturan atau undang-undang atau apapun bentuknya, tetapi secara ekopisio dapat dilihat bahwa ketua DPW itu adalah istri Setda, dan sudah ada juga aturan secara tidak langsung bahwa ibu ketua TP PKK yakni istri Bupati, dan juga sama halnya ketua gabungan organisasi wanita adalah istri dari Wakil Bupati.

“Dalam hal ini tentu pemerintah sendiri tidak ingin membiarkan ibu-ibu semua hanya mengurus dapur dan anak,” ujarnya.

Ia menyebutkan, wanita di era digital sekarang ini diberi ruang dan kesempatan yang sama dalam memajukan pembangunan daerah sampai pusat. “Kita bersyukur pada Allah dan pemerintah pusat,” katanya.

Canda Bupati di sela-sela sambutannya bahwa wanita itu bukan hanya melihat WA atau HP saja untuk menghafal nyanyian, tetapi bagaimana bisa mengetahui dengan kemajuan teknologi informasi ibu-ibu semua dapat mengetahui daerah ini, bagaimana provinsi ini, bagaimana negara ini dan dimana peran ibu-ibu untuk hadir.

Dalam hal ini pemerintah telah memberi ruang bagi ibu-ibu untuk memberikan masukan dan saran kepada bapak-bapak, tentu dalam tatanan yang positif yang mengarah pada kemajuan  pembangunan, serta memperhatikan literatur yang ada.

“Semoga HUT kali ini memberikan pengaruh yang positif, tentunya bagi DWP Kabupaten Padang Pariaman dengan selalu berkarya, berkreasi dan melahirkan inovasi yang membangkitkan marwah ibu-ibu DWP kedepannya, tentu dengan satu kata Padang Pariaman Berjaya, Aamiinn,” tuturnya mengakhiri. (*)

Exit mobile version