Desa Sikapak Timur Gelar Pelatihan Pogram Pamsimas Terhadap Kelompok Masyarakat Saluran Berkah

Kontributor Amy Wasdy

HARIANHALUAN.ID – Kelompok Masyarakat Saluran Berkah, Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, melaksanakan pelatihan program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan Pamsimas.

Pelatihan ini diadakan selama tiga hari pada tanggal 16, 17 dan 19 Desember 2022 yang bertempat di Kantor Desa Sikapak Timur.

Tujuan dari Pamsimas ini, agar kelompok masyarakat Saluran Berkah Desa Sikapak Timur ini, dapat membekali bimbingan teknis dan administrasi Pamsimas tersebut.

Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman mengatakan, dengan adanya pelatihan ini yang berlangsung selama tiga hari dapat meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat dan memberikan bekal pengetahuan dalam administrasi, seperti pembukuan keuangan serta bimbingan teknisnya.

Kepala desa juga mengharapkan agar program Pamsimas ini dapat bermanfaat dan tetap berkelanjutan bagi masyarakat Desa Sikapak Timur khususnya dalam pengelolaan air bersih.

Adapun pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini, meliputi pelatihan administrasi dan keuangan, pelatihan teknis SAM dan dihari ketiga pelatihan kesehatan oleh Puskesmas Sikapak. Narasumber dalam pelatihan ini, yaitu Novdi Suhanda (fasilitator masyarakat keuangan), Alhadi (fasilitator masyarakat teknik), Detia Delimas (district coordinator) dan Indra Gustian (Sanitarian Puskesmas Sikapak). (*)

Exit mobile version