Warga Korong Koto Kaciak Gelar Musyawarah Pelaksanaan Buru Babi dan Pengangkatan Muncak Suku Tanjung

Kontributor Rizky Utama

Korong Koto Kaciak

HARIANHALUAN.ID – Masyarakat Korong Koto Kaciak, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, menggelar musyawarah pelaksanaan acara buru babi manyayo (menyewa) di Bukik Bulek, sekaligus pengangkatan Muncak Suku Tanjung, Rabu (28/12/2022).

Musyawarah tersebut dilaksanakan di kediaman Erwin Bustamar, yang dihadiri oleh Wali Korong Koto Kaciak, pusako, urang sumando, muncak dan pemuda.

Edison mengatakan, mengenai rencana acara pemuda jauh-jauh hari telah disepakati rencana yang akan dilaksanakan pada Desember 2022 ini. Dalam rancangan acara pemuda ini, sekaligus pengangkatan Muncak Suku Tanjung, Jon dan Ketua Umum Pemuda Koto Kaciak, Efendi Hartono.

Namun karena kegiatan pembangunan Musala Al Mukhlis (Surau Bancah) sedang berlangsung, maka acara pemuda terpaksa ditunda dulu. “Walaupun acara pemuda ditunda, kita hanya buat acara basaluang, sekalian pengangkatan muncak dan Ketua Umum Pemuda Koto Kaciak,” tutur Edison.

Setelah disepakati, akhirnya dilaksanakan badoncek dan terkumpul biaya Rp750.000 dan ditambah oleh tokoh perantau, Dulhadi kebetulan sedang pulang kampung dibantu Rp500.000. Sehingga total semua dari hasil badoncek berjumlah Rp1.250.000.

Mengenai kegiatan untuk acara basaluang dilaksanakan pada Jumat (6/1/2023) malam di Lapau Bawah, Korong Koto Kaciak, dan untuk acara buru babi dilaksanakan pada Sabtu (7/1/2023). (*)

Exit mobile version