Dihadiri Gubernur Sumbar dan Bupati Agam, Perantau Panampuang Baralek Gadang di Selangor Malaysia

KONTRIBUTOR HN6 - ETRIWARMON

HARIANHALUAN.id -Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Bupati Agam Andriwarman memenuhi undangan perantau Panampuang Agam yang tergabung dalam Pertubuhan Masyarakat Minangkabau Panampuang Malaysia (PMMPM).

Acara yang bertajuk “Panampuang Baralek Gadang Marantang Kasiah 2” itu diselenggarakan di Ideal Convention Center (IDC) Shah Alam Selangor, Malaysia. Wali Nagari, Ketua KAN, Bamus Nagari Panampuang hadir terlibat sebagai tuan rumah di acara Baralek Gadang Marantang Kasiah 2 tersebut.

Acara tersebut dihadiri sekitar 1.000 perantau Panampuang khususnya dan minangkabau umumnya. Diantara tamu yang hadir tampak beberapa tokoh terkemuka, Anggota DPRD Agam Syaflin, Prof Yonariza, Prof Mawardi.

Pada kesempatan itu, Gubernur dan Bupati dalam sambutannya sama-sama mengaku bangga melihat kekompakan perantau Panampuang dan Agam di Malaysia, sehingga kegiatan Baralek Gadang tersebut bisa terlaksana dengan baik. Beliau berharap agar warga Panampuang dan Agam yang merantau di Malaysia tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta nama baik daerah dan hubungan antara dua negara.

Bupati mengajak para perantau Panampuang untuk turut menyukseskan rencana pulang basamo yang diadakan tahun ini.

“Kita yakin perantau sangat rindu dengan kampung halaman, yang diharapkan nanti ikut agenda Agam Pulang Basamo,” ujarnya.

Bupati Andriwarman yang lebih dikensl sapaan AWR meyakini, masyarakat di kampung dengan gembiranya menyambut kepulangan perantau, yang nanti juga akan digelar kegiatan khusus. Diharapkan agar perantau bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Agam lebih maju.

Gubernur menyampaikan Pemerintah daerah miliki berbagai program yang dapat didukung perantau dalam membangun kampung halaman di segala lini. Diantaranya pemberian beasiswa yang dalam dua tahun terakhir, sudah disalurkan pada ratusan anak didik untuk melanjutkan penididikannya.

Belum lagi program lain seperti peningkatan SDM, pembangunan fisik dan lainnya yang diharapkan bisa dipersamakan dengan perantau.

Walinagari Panampuang Etriwarmon menyampaikan di sela-sela diskusi mengapresiasi kegiatan perantau dan mengajak perantau bersama-sama membangun kampung halaman, sehingga Panampuang bisa setara dengan daerah lain yang lebih maju.

Juga di sela sarapan pagi Walinagari dengan tokoh2 Perantau sepakat mendukung program Nagari Panampuang untuk mengadakan Mobil Siaga/Ambulan Nagari. Sebagai bukti kepedulian rantau dengan kampuang. Donatur bersepakat akan menuntaskan menjelang Ramadhan.

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan kesenian oleh Sanggar Gastarana dan artis penyanyi Minang, Ratu Sikumbang. (*)

Exit mobile version