Dihadiri Seluruh Walinagari, Ini Pesan Bupati Benny Utama di Rakor Forwana Pasaman 2023

LAPORAN - ABDI YUSRAN

HARIANHALUAN.id – Forum Wali Nagari (Forwana) Pasaman menggelar Rapat Koordinasi di Hotel Pusako Bukittinggi, 25-28 Mei 2023. Rakor wali nagari itu dihadiri sebanyak 62 wali nagari se Kabupaten Pasaman.

Ketua Forwana Kabupaten Pasaman Saharuddin. Mdh menyampaikan dalam laporannya sebagai panitia bahwa dilaksanakan rakor Forwana adalah mengevaluasi kinerja Forwana dari tahun 2022 sampai sekarang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja wali nagari dan juga perlu membahas permasalahan yang ada di nagari sehingga terciptanya keharmonisan sesama wali nagari se kabupaten Pasaman.

Dalam acara pembukaan juga di hadiri oleh kepala dinas pemberdayaan masyarakat kabupaten Pasaman Hasrizal,S. Sos. Sebelumnya nagari yang ada di Pasaman sebnyak 37 nagari. Setelah pemekaran dan pemilihan wali nagari serentak pada tanggal 2 Desember tahun 2022 kemaren, nagari di kabupaten Pasaman berjumlah sebnyk 62 nagari.

“Yang dimekarkan hanya pemerintah nagari, bukan Adatnya dengan tujuan meningkatkan/mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.” Hal itu disampaikan Bupati Pasaman H.Benny Utama, SH.MM ketika membuka acara Rapat koordinasi Forum Wali Nagari se kabupaten Pasaman di Hotel Pusako Bukittinggi (25/5/2023).

Untuk kedepannya rakor ini hendaknya berlanjut setiap tahunnya, sehingga wali nagari memiliki kemampuan manajemen dalam pengelolaan nagari sambung bupati Pasaman.

Bupati Pasaman juga menegaskan bahwa wali nagari harus mampu mendorong/marangkul seluruh perangkat nagari untuk bekerja membantu program yang ada di nagari terutama meningkatkan pelayanan kepada masyarkat, karena pemerintah nagari adalah ujung tombak dari pelayanan pemerintah. Hendaknya para wali nagari bekerja sesuai dengan regulasi/aturan yang ada.

Meskipun ada kebijakan juga berdasarkan aturan. Program kerja pemerintah nagari juga mengacu kepada program kerja pemerintah kabupaten pesan bupati Pasaman kepada 62 orang wali nagari. (*)

Exit mobile version