209 APIP Keuangan Desa dari Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau Kunjungan Visitasi ke Nagari Lareh Nan Panjang Selatan

KONTRIBUTOR HN - DESI RANI PUTRI

Nagari Lareh Nan Panjang Selatan menerima Kujungan dari Peserta Pelatihan Pengawasan Keuangan Desa bagi APIP.

HARIANHALUAN.id – Pada Jumat, 06 Oktober 2023, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman kedatangan tamu dari Peserta Pelatihan Pengawasan Keuangan Desa bagi APIP dari Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau dengan jumlah peserta 209.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian dalam Negeri. Kunjungan ke Nagari ini merupakan salah satu rangkaian acara pelatihan yaitu visitasi Desa.

Nagari Lareh Nan Panjang Selatan merupakan salah satu nagari terpilih untuk di kunjungi dari 103 nagari yang ada Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Camat VII Koto, dan Kepala Dinas DPMD Kabupaten Padang Pariaman Dr. Hendra Satria Ap, M.Si. Penyambutan tamu ini diadakan di Laga-Laga Ampalu Tinggi mulai pukul 08.00-11.30 wib. Dalam kunjungan tersebut tak lupa tamu dihidangkan makanan khas Pariaman yaitu Sala Lauk.

Terdapat beberapa rangkaian acara pada pertemuan tersebut, yaitu kata sambutan dari salah satu panitia pelatihan dari Kemendagri, Kata Sambutan dari Dinas DPMD Kabupaten Padang Pariaman, selanjutnya kata sambutan dari Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan Bapak Zainal, S.S.T.Pi.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Lareh Nan Panjang Selatan juga memaparkan profil singkat nagari. Pada puncak acara yaitu sesi diskusi diisi dengan panyampaian perjalanan BUMNag nagari yang telah mampu menghasilkan PAD bagi nagari.

Sesi diskusi semakin menarik karena para peserta pelatihan antusias mengajukan pertanyaan tentang BUMNag nagari yang diberi Nama BUMNag Lima Berlian, karena Bumnag yang baru berdiri tahun 2019 ini telah mampu menghasilkan PAD bagi nagari. (*)

Exit mobile version