Nagari III Koto Aur Malintang Masuk Nominasi Keterbukaan Informasi Tingkat Nasional

Nagari III Koto Aur Malintang, Nominasi Keterbukaan Informasi Tingkat Nasional

HARIANHALUAN.id – Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman menjadi satu diantara dua belas nominasi Desa/Nagari yang dianggap paling informatif dalam keterbukaan informasi tingkat Nasional.

Hal itu dikatakan, Arif Sumardi, wakil ketua Komisi Informasi(KI) Sumatera Barat selaku ketua Tim Verifikasi Faktual KI, di Batubasa, Kamis(2/10/2023).

Arif Sumardi didampingi beberapa anggota komisioner KI berkunjung ke Nagari III Koto Aur Malintang melakukan Verifikasi Faktual.

Disebutkan Arif, Nagari III Koto Aur Malintang tahun 2023, selain dinilai di tingkat Sumatera Barat juga termasuk dalam 12 Desa/ Nagari nominasi di tingkat Nasional.

“Selama tiga tahun berturut-turut, Nagari III Koto Aur Malintang, selalu masuk dalam nominasi tingkat Nasional. Mudah-mudahan tahun ini III Koto Aur Malintang diundang ke Jakarta menerima penghargaan,” kata Arif.

Pada kesempatan itu, Tim KI melakukan cek dan ricek terhadap segala hal yqng berkaitan dengan indikator-indikator pendukung seperti Perna, Perwali, keputusan wali yang berkaitan dengan dokumen admistrasi serta faktual yang berkaitan dengan fisik, kursi roda untuk penyandang disabelitas dan lain-lainnya.

Pj Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Mitra Susanto,S.Sos, kepada Haluan.id, menyebutkan Verifikasi Faktual itu sangat berguna bagi aparat pemerintah nagari meraih kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah nagari sekaligus merupakan upaya mawas diri bagi perangkat nagari dalam menjalankan tugasnya.

“Mudah-mudahan dengan kesiapan serta apa yang kita miliki sudah memenuhi kriteria penilaian,” kata Mitra Susanto.(*)

Exit mobile version