Jorong Muaro Putuih Raih Terbaik Pertama Lomba Posyandu Sehat Tingkat Nagari Tiku V Jorong

Kontributor Abid Syamnah

Nagari Tiku V Jorong

HARIANHALUAN.ID – Pos pelayanan terpadu (posyandu) adalah wadah yang dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di lingkungan kelurahan/desa/nagari.

Sebagai bentuk perhatian pemerintahan terhadap posyandu, Nagari Tiku V Jorong mengadakan lomba posyandu sehat antar nagari, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kader posyandu dalam melayani masyarakat di wilayah cakupannya.

Riska Arya Suci, sebagai pelaksana kegiatan mengatakan bahwa ada 22 posyandu di Nagari Tiku V Jorong. Dari 22 tersebut dilakukan seleksi administrasi dan menghasilkan tujuh posyandu.

“Tujuh posyandu tersebut kita lakukan seleksi lagi untuk mencari posyandu terbaik di Nagari Tiku V Jorong,” ujar Riska, yang juga sebagai Kasi Pelayanan Nagari Tiku V Jorong.

Alhasil, kata Riska, pihak nagari pun mengumumkan tiga posyandu Terbaik. “Terbaik pertama Posyandu Mangga II Jorong Muaro Putuih, terbaik kedua Posyandu Afd. Bravo Jorong Muaro Putuih, dan terbaik ketiga Posyandu Rambutan Jorong Subang-Subang,” katanya.

Pada perlombaan posyandu ini, katanya, yang bertindak sebagai juri terdapat dari beberapa kalangan, yakni pemerintahan nagari beserta tim, Kepala Puskesmas Muaro Putuih beserta tim, pendamping desa, Ketua TP PKK Tiku V Jorong, pengurus RDS dan kader KPM.

Sekretaris Nagari Tiku V Jorong, Anaswar menyampaikan harapan terhadap kader posyandu kedepannya. “Saya berharap, dengan perlombaan tahun ini lebih ditingkatkan lagi pelayanannya untuk menurunkan angka stunting di nagari kita. Saya juga berharap agar ibu-ibu kader posyandu menjadikan perlombaan ini bukan hanya sekedar lomba saja, namun sebagai pembinaan dan motivasi bagi kita untuk menjadikan posyandu kita lebih baik lagi,” ucapnya.

Pada acara penyerahan hadiah, Bidan Koordinator Puskesmas Muaro Putuih yang mewakili kepala puskesmas juga menyampaikan harapannya kepada para kader, agar mampu bersama-sama menekan angka stunting di Nagari Tiku V Jorong.

“Kepada kader, saya berharap lebih aktif lagi dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga nantinya jikalau ada penurunan berat badan, kita dapat menindaklanjutinya secara bersama-sama,” katanya.

Pada akhir acara, para kader posyandu sepakat meminta kepada pemerintahan nagari agar lomba posyandu sehat dapat diadakan setiap tahunnya. “Pak, kami mohon acara seperti ini diadakan setiap tahunnya. Biar kami semangat terus,” ucap Wiwit Anggraini, salah seorang  Kader Posyandu Mangga II Jorong Muaro Putuih.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah berupa sertifikat penghargaan, tabanas dan tropi dan dilanjutkan dengan foto bersama. (*)

Exit mobile version