Bundo Kanduang Dominasi Calon Bamus di Korong Tanjung Balik LNP Selatan

KONTRIBUTOR HN3 - DESI

Peserta Rapat Pemilihan Bamus di Korong Tanjuang Balik di Dominasi Oleh Ibu-Ibu.

HARIANHALUAN.id – Korong Tanjuang Balik Nagari Lareh Nan Panjang Selatan telah melaksanakan pemilihan Bamus pada tanggal 17 Januari 2023 Selasa malam. Pemilihan Bamus di Korong Tanjuang Balik ini merupakan lanjutan dari pemilihan Bamus sebelumnya yang telah dilaksanakan di 3 (tiga) korong, yaitu Korong Kampuang Dama, Korong Ampalu Tinggi Kalampaian, Korong Ampalu Tinggi.

Dalam proses pemilihan Bamus di masing-masing korong, terdapat hal yang menarik, seperti di Korong Tanjuang Balik. Meskipun rapat pemilihan Bamus dilaksanakan pada malam hari, para Ibu-Ibu Tanjuang Balik sangat antusias menghadiri rapat, sehingga peserta rapat pemilihan didominasi oleh para Ibu-Ibu.

Pemilihan Bamus di Korong Tanjuang Balik dilakukan secara musyawarah, terdapat 3 (tiga) calon Bamus dari Korong Tanjuang Balik yaitu Rahmat Fikri, Mardianis dan Mutiara Guntari.

Berdasarkan hasil musyawarah Ninik Mamak, pemuda pemudi, Ibu-Ibu Korong Tanjuang Balik, serta disaksikan oleh panitia Bamus, Wali Nagari, dan Perangkat Nagari sepakat memilih Rahmat Fikri sebagai Bamus Nagari Lareh Nan Panjang Selatan dari Korong Tanjuang Balik. Rahmat Fikri merupakan pemuda milenial yang aktif di Korong Tanjuang Balik dan pada periode sebelumnya Rahmat Fikri juga sebagai Bamus.

Berdasarkan hasil sementara dari Panitia Pemilihan Bamus, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan sudah memiliki 4 (empat) Bamus 2 ( dua) diantaranya petahana. Berikut daftar nama Bamus yang terpilih:

Razali dari Korong Kampuang Dama (Petahana)
Zeki Harianto dari Korong Ampalu Tinggi Kalampaian
Fitrah Nawatiqa dari Korong Ampalu Tinggi
Rahmat Fikri dari Korong Tanjuang Balik ( Petahana).

Pemilihan Bamus selanjutnya akan dilaksanakan di Korong Ampalu Tinggi Tarok pada tanggal 18 Januari 2023. Setelah pemilihan selesai dilaksanakan di masing-masing korong. Selanjutnya yaitu Tahap Penetapan dan Peresmian, sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bupati No 25 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengisian dan Pemberhentian Anggota Badan Permusyawaratan Nagari.

Panitia pemilihan Bamus Nagari Lareh Nan Panjang Selatan berharap seluruh masyarakat di masing-masing korong Nagari Lareh Nan Panjang Selatan dapat berpatisipasi secara aktif, agar pemilihan Bamus dapat berjalan lancar.

“Nagari Lareh Nan Panjang selatan terdiri dari 5 orang Bamus perwakilan dari masing-masing korong. Insysa Allah nanti malam akan dilaksanakan pemilihan Bamus di Korong Ampalu Tinggi Tarok,” ujar Wali Nagari LNP Selatan, Zainal menambahkan. (*)

Exit mobile version