Didominasi Generasi Muda, Pokdarwis Puti Bungo Satangkai Sirukam Solok Berganti Kepengurusan

KONTRIBUTOR HN3 - RANY SUGESTI

HARIANHALUAN.id – Wujudkan Desa Wisata Nagari Sirukam, Kelompok Sadar Wisata Puti Bungo Satangkai Nagari setempat melakukan Revitalisasi dan Restrukturisasi Kepengurusan. Musyawarah digelar di gedung Serbaguna Nagari Sirukam, Kamis (19/01/23).

Musyawarah yang difasilitasi oleh Pemerintah Nagari Sirukam ini dihadiri oleh unsur pemuda, masyarakat beserta abggota Pokdarwis. Restrukturisasi dilaksanakan dilandasi oleh beberapa alasan yang disampaikan oleh Ketua Pokdrwis sebelumnya, Wandra Syofi.

Salah satu yang mendasari, ujar Wandra Syofi, adalah keanggotaan yang sudah banyak vakum/tidak aktif lagi dalam menjalankan program-program dalam kelembagaannya.

Senada dengan hal tersebut, melalui arahan dari Wali Nagari yang disampaikan oleh Sekretaris Nagari, Megi Setrivo, A.Md menyampaikan bahwa Pemerintah Nagari mengapresiasi gagasan dari Pokdarwis sendiri untuk penyegaran dalam tubuh organisasinya, yaitu dalam rangka membangun dan mengembangkan pariwisata tingkat nagari Sirukam tentunya.

Dalam arahannta, Megi menyampaikan bahwa Pokdarwis merupakan komponen utama yang akan berperan untuk meningkatkan sektor pariwisata yang akan berdampak pula pada perekonomian masyarakat nagari.

Berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat peserta musyawarah terpilihnya kepengurusan Pokdarwis Puti Bungo Satangkai yang baru yaitu Ketua : Ulul Azmi, Wakil Ketua : Deni Yuliarda, Sekretaris 1 : Triramadhana, Sekretaris 2 Lavenia Aries dan Bendahara : Yosti Aprilia. Kepengurusan.

Kemudian keanggotaan didominasi oleh generasi muda berasal dari berbagai unsur seperti dari bidang ekraf, sosial, budaya dan lainnya.

Sejalan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Nagari, Sekretaris Nagari menyampaikan bahwa untuk penguatan kelembagaan seperti legalitas dan peningkatan kapasitas kelembagaannya akan difasilitasi oleh nagari untuk menciptakan Desa Wisata sebagaimana amanat Permendagri Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2023. (*)

Exit mobile version