Berdiri Sejak 1990, Disparbud Solok Kagumi Grup Kesenian Balai Aro Nagari Sirukam

KONTRIBUTOR HN3 - RANY SUGESTI

Grup Kesenian Balai Aro Nagari Sirukam mendapat pembinaan dari Disparbud Kabupaten Solok

HARIANHALUAN.id – Lakukan pembinaan kepada kelompok dan sanggar seni, Tim dari Disparbud Kabupaten Solok mengunjungi Grup Kesenian Balai Aro Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki, Sabtu (21/01/23). Kunjungan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Nagari Sirukam.

Grup Balai Aro merupakan grup seni tertua di Nagari Sirukam yang berdiri sejak tahun 1990 dan masih menunjukkan keeksistensiannya sampai sekarang. Pencapaian grup seni yang sekarang berada di bawah pimpinan Gondra, telah memenangkan beberapa lomba kesenian yaitu juara 2 lomba Tari Piring Tradisional dan juara 1 Lomba Talempong Pacik tingkat Kabupaten Solok pada tahun 2022 lalu.

Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Pemerintah Nagari Sirukam, masyarakat nagari Sirukam dan Pokdarwis Puti Bungo Satangkai. Acara dimulai dengan penampilan tari piring dan randai yang dibawakan oleh grup Kesenian Balai Aro.

Kepala Dinas Disparbud yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Bapak Irman, mengapresiasi masyarakat yang masih mau melestratikan seni dan budaya di tengah kemajuan teknologi. Beliau juga menyampaikan program-program dan bantuan yang akan diberikan oleh Disparbud Kabupaten Solok di tahun 2023 ini kepada sanggar dan grup kesenian di Nagari Sirukam.

Dalam sambutannya, Pemerintah Nagari Sirukam yang diwakili oleh Kaur Umum dan Perencanaan, Rany Sugesti menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Solok atas kunjungan dan pembinaannya terhadap Grup Kesenian Nagari Sirukam.

Rany juga berharap nantinya pembinaan tersebut dapat berkelanjutan dengan adanya evaluasi dan perbaikan nantinya.
Pokdarwis Puti Bungo Satangkai yang baru didikukuhkan juga langsung mendapatkan arahan dari Kabid Kebudayaan.

Dalam sambutanya, Rany berharap dengan adanya Pokdarwis yang merupakan perpanjangan tangan Disparbud di Nagari nantinya juga dapat berperan dalam mengembangkan kesenian serta mensosialisasikan pentingnya menjaga tradisi anak nagari yang ada. (*)

Exit mobile version