Sorak Gembira Murid SDN 02 Ampalu, Senam Bersama Mahasiswa KKN

Kontributor Muskinta

Nagari Lareh Nan Panjang

HARIANHALUAN.ID – Halaman Sanggar Seni Tari dan Budaya Ratok Mande dipenuhi murid SDN 02 Ampalu saat melaksanakan senam bersama mahasiswa, Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan senam bersama ini merupakan salah satu gagasan ide kreatif dari wali korong dan mahasiswa UNP Kuliah Kerja Nyata (KKN), untuk memberikan edukasi dini tentang seni budaya yang ada di Nagari Lareh Nan Panjang.

Wali Korong Ampalu, Michael mengatakan kegiatan tersebut bermula dari pertemuan sebelumnya untuk meminta persetujuan bersama seluruh guru SD 02 Korong Ampalu melaksanakan kegiatan tersebut.

“Ternyata mendapat respons positif, sebagai wujud refreshing anak-anak dan bernuansa edukasi,” ujarnya.

Di samping itu juga, kata Michael, kegiatan ini dilakukan semata-mata memberikan hal yang positif dan mengedukasi sejak dini, bahwa nagari ini mempunyai sangar seni dan budaya yang harus dipertahankan untuk selamanya.

Melihat kondisi sekarang ini, katanya, begitu banyaknya pengaruh yang mereka rasakan dengan media informasi yang masuk dalam gudget, sehingga sangat sulit terkontrol. Nah ini salah satu strategi yang dilakukan untuk mengurangi itu. “Kalau bukan kita yang memfilter itu siapa lagi,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kegiatan ini pun berdasarkan visi dan misi Wali Nagari Lareh Nan Panjang bahwa seni budaya yang dulunya sudah ada harus dipertahankan sampai anak cucu, agar tidak tergerus zaman dan bahkan bisa hilang jika tidak dimunculkan ke permukaan.

Salah seorang guru yang hadir, Ibu An mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh anak KKN mahasiswa UNP dan wali korong tersebut. “Kami mewakili guru SD 02 Ampalu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena kegiatan ini merupakan salah satu dari kurikulum belajar mengajar kami,” ujarnya.

Melihat kegembiraan murid dalam kegiatan ini, katanya, pihak guru senang dan bangga, apalagi setelah senam diadakan perlombaan. “Sekali lagi kami berterima kasih atas gagasan ini. Dan kami seluruh guru yang ada berharap program seperti ini tetap berlanjut dan bekerja sama nantinya dengan pemerintahan nagari, untuk memberikan warna tersendiri di Nagari Lareh Nan Panjang,” katanya.

Koordinator mahasiswa KKN, Ado mengucapkan terima kasih banyak pada semua pihak, terutama kepada Wali Nagari Lareh Nan Panjang, empat wali korong dan seluruh elemen masyarakat, dalam mendukung kegiatan ini yang hampir satu bulan di Nagari Lareh Nan Panjang.

Dimana, kata Ado, banyak ilmu yang didapati di sini dan banyak hal yang dapat disimpulkan dalam perkuliahan, mengingat pertanggal 9 Februari nanti akan berakhir KKN di sini, makanya ia berkeinginan adanya kenangan yang berarti bagi masyarakat selama keberadaan di nagari ini.

“Kegiatan saat ini salah satu momen yang kami persembahkan bagi adik adik SDN 02 Ampalu. Saya selaku koordinator dari 19 mahasiswa yang ditempatkan di Nagari Lareh Nan Panjang, sekali lagi mengucap terima kasih atas dukungan yang diberikan ke kami selama keberadaan di sini. Salam dari kami,” tuturnya. (*)

Exit mobile version