Jorong Batang Palupuh Jadi Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI

Kontributor Anton Irza

Nagari Koto rantang

HARIANHALUAN.ID – Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, menerima piagam penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, Selasa (31/1/2023).

Penghargaan tersebut diterima sebagai Desa Wisata Kampung Raflesia Batang Palupuh dan  menjadi Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI, dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 dengan tema “Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional”.

Jorong Batang Palupuh merupakan salah satu perintis desa wisata atau jorong yang ada di Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Selain keindahan alam perbukitan yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang sejuk, bunga raflesia arnoldi dan raflesia armoufolus tetanum menjadi andalan tujuan wisata di Jorong Batang Palupuh.

Menurut salah satu tokoh penggiat pariwisata Jorong Batang Palupuh, Joni Hartono, piagam penghargaan ini diterima dari Dinas Pariwisata provinsi melalui Pembiayaan Pariwisata Kabupaten Agam, dan akan mengikuti kompetisi pariwisata tingkat nasional pada Agustus nanti.

“Untuk penilaian lomba desa wisata ini akan dilihat dari daya tarik daerah, homestay dan atraksi seperti kelas memasak makanan khas, serta pengelolaan SDM dan pengelolaan SDA,” katanya. (*)

Exit mobile version