Bantai Kerbau, Bupati Solok dan Anggota DPR RI Hadiri Alek Nagari Sirukam

Kontributor Rany Sugesti

Nagari Sirukam

HARIANHALUAN.ID – Bupati Epyardi Asda dan Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi menghadiri acara alek Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Minggu (5/2/2023).

Acara tersebut dihadiri pimpinan DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir, anggota DPRD Kabupaten Solok, Olzaheri, serta kepala OPD dan camat se-Kabupaten Solok, beserta seluruh unsur mayarakat dan lembaga di Nagari Sirukam.

Wali Nagari Sirukam melalui Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Rany Sugesti mengatakan, alek Nagari Sirukam yakni bantai kerbau ini merupakan serangkaian acara adat dalam rangka ucapan syukur, karena kurun waktu dua tahun belakangan Nagari Sirukam mendapat banyak pembangunan infrastruktur.

“Mulai dari pembangunan irigasi, pembukaan jalan usaha tani, pembangunan jembatan gantung, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan masih banyaknya kegiatan pembangunan lainnya, baik yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD provinsi dan APBN,” ujarnya.

Rany menyebutkan, dalam pelaksanaan alek nagari bahwa kerbau disembelih dan dimasak bersama–sama oleh bundo kanduang dan masyarakat. Kemudian sambal kerbau dan nasi dibungkus dengan daun pisang dan dibagikan ke seluruh anak kemenakan dan masyarakat di Balai Adat Nagari Sirukam.

Sementara Ninik Mamak Nagari Sirukam yang disebut dengan Gantang Nan Kurang Limo Puluah, makan bersama dengan tamu kehormatan di dalam balai adat. “Acara ini pun ditutup dengan doa bersama,” tuturnya. (*)

Exit mobile version