Anggaran DD Terbatas, Desa Sikapak Timur Adakan Musrenbang

Kontributor Amy Wasdy

HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, mengadakan rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa yang dilaksanakan di kantor desa setempat, Senin (13/2/2023).

Musyawarah ini turut dihadiri oleh Bappeda Kota Pariaman, DPMD Kota Pariaman, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, pimpinan Puskesmas Sikapak, Camat Pariaman Utara beserta pegawai, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa, Blbidan desa, BPD, LPM, ketua PKK, karang taruna, guru PAUD, guru mengaji, kader posyandu, tokoh masyarakat, ninik mamak, barakai, dubalang, pemuda pemudi, serta para tamu undangan.

Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman mengatakan, kegiatan musrenbang ini sebagai upaya pengusulan prioritas pembangunan desa, karena keterbatasan Dana Desa (DD).

“Seperti yang kita ketahui bahwa pengaturan dana desa sesuai prioritas penggunaan tahun 2023 dalam penanggulangan kemiskinan, 25 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20 persen untuk ketahanan pangan, dan 3 persen untuk biaya operasional pemerintah desa. Jadi hanya tinggal 50 persen dari dana desa yang dibagi rata perkegiatan lainnya, berdasarkan itulah kita mengusulkan kegiatan prioritas lainnya melalui dana APBD Kota,” ujar Syawirman.

Beppeda Kota Pariaman diwakili Arifa Y menyampaikan, Desa Sikapak Timur dalam tahun ini sudah dianggarkan oleh dana APBD kota yaitu penambahan tribun terbuka untuk Lapangan Sepak Bola Stadion Mini Desa Sikapak Timur senilai Rp1 miliiar dan akan bekerja sama dengan Dinas PU Kota Pariaman.

“Selain tribun penonton bola, bantuan dari pemko pembangunan akses halaman pembuatan pamflink blok untuk SDN 16 Desa Sikapak Timur,” ujarnya.

Setelah itu dilanjutkan diskusi bersama kepala dusun. Untuk penyusunan hasil dari rembuk dusun ini langsung diinputkan ke aplikasi musrenbang Kecamatan Pariaman Utara oleh Kaur Perencanaan Desa, Muharman. (*)

Exit mobile version