Viral di Medsos, Pohon Asuh Nagari Sirukam Kini Banyak Dikunjungi Masyarakat

Kotributor Rany Sugesti

Nagari Sirukam

HARIANHALUAN.ID – Pohon Asuh Nagari Sirukam, yang beberapa waktu lalu viral di media sosial memiliki banyak keingintahuan masyarakat di berbagai daerah.

Pohon asuh yang merupakan program penyelamatan hutan dengan metode crowdfunding, yaitu sebuah bentuk pendanaan dari banyak pihak secara kolektif dan dana tersebut dipergunakan untuk memelihara dan melindungi pohon-pohon di area hutan.

Untuk menjadi pengasuh pohon, dapat memilih dan menentukan pohon yang akan diasuh melalui website pohon asuh yaitu www.pohonasuh.org., dengan donasi 200 ribu dapat mengasuh pohon selama satu tahun.

Program pohon asuh tersebut di pelopori oleh KKI Warsi dan menerapkan di wilayah pendampingannya, salah satunya Nagari Sirukam melalui Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Nagari Sirukam.

Anggota LPHN Jasmir Jumadi menyampaikan, sudah ada 305 batang pohon yang sudah ada pengasuhnya. Pada tahun pertama yakni 2017, ada pohon yang diasuh oleh kalangan artis salah satunya Dian Sastro dan Daniel Mananta.

“Dengan adanya program ini dapat menjaga sumber daya alam dan kelestarian hutan untuk anak cucu nantinya,” ujar Jasmir, yang juga merupakan Tim Parimbo dan Tim Patroli Hutan yang bertugas untuk menjaga pohon asuh.

Pada tahun 2022 salah satu perkumpulan fans (fandom) dari Boyband asal Korea Selatan BTS, yang dinamakan Army juga menjadi pengasuh dari pohon Asuh di Hutan Nagari Sirukam.

Dari perjalanan yang dilakukan beberapa pengunjung mendapati lima batang pohon yang diasuh oleh Army BTS, dengan jenis pohon yang dinamakan Pohon Kasiah Baranak. Kasih Baranak sendiri, merupakan tumbuhan endemik yang hanya ada di kawasan hutan Nagari Sirukam. (*)

Exit mobile version