Mengidap Tumor, Asrizal Warga Korong Kampung Surau Terpaksa Pulang Kampung

Kontributor Edo Fitrizal

HARIANHALUAN.ID – Asrizal (51), warga Korong Kampung Surau, Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), mengidap tumor di bahu kiri selama delapan bulan.

“Saya memutuskan pulang ke kampung halaman karena tidak mampu bekerja lagi, akibat tumor ditubuhnya semakin hari semakin membengkak. Akhirnya keluarga dan istri setuju balik ke kampung halaman dan sekarang sudah tiga bulan berada di kampung,” ucap Asrizal dengan nada penuh harapan, Sabtu (25/2/2023).

Lebih lanjut Asrizal mengatakan, penyakit tumor ini sebelumnya hanya satu yang dipundak kiri ini, namun beberapa bulan ini pembengkakan juga terjadi di kakinya.

“Dengan keterbatasan ekonomi pula pengobatan ke rumah sakit terkendala. Jika ada uang saya akan bawa ke rumah sakit, walaupun ada BPJS namun saya masih terkendala dengan biaya transfortasi dan di samnping biaya untuk keluarga sehari-hari,” kata Asrizal sambil memperlihatkan penyakitnya kepada wali korong.

Wali Korong Kampung Surau, Busbar Andre Putra yang mendapatkan informasi langsung mengunjungi rumah Asrizal penderita tumor tersebut dan melihat kondisinya. Kedatangannya sesuai intruksi dari wali nagari yang mendapatkan laporan dari pendamping TKSK Dinas Sosial Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan IV Koto Aur Malintang.

“Saya mendapatkan intruksi dari bapak wali nagari melalaui WA group kantor nagari dan meminta wali korong agar melihat kondisi Asrizal, sekaligus untuk melihat kendalanya apakah BPJS sudah ada dan selain apakah kondisinya nanti bisa kita usulkan masuk di daftar DTKS Kemensos di nagari,” kata Andre.

Selain itu, katanya, mengenai KK dan KTP nanti nagari akan koordinasikan dengan pihak Dukcapil Padang Pariaman, agar membantu proses perubahan data. “Saat ini, ia masih beralamat di Pekanbaru,” ujarnya.

Selain Itu, Andre lebih lanjut menjelaskan, mengenai kasus ini nanti dilaporkan kepada dinas terkait, yakni Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, sekaligus dikoordinasikan ke pihak puskesmas dan bidan desa untuk membantu Asrizal.

“Namun sebelumnya akan dilaporkan terlebih dahulu kepada Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Azwar Mardin langkah cepat yang kita lakukan di nagari dalam waktu dekat,” kata Busbar Andre Putra.

Terpisah, Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Azwar Mardin saat di konfirmasi oleh awak media harianhaluan.id membenarkan bahwa ada salah seorang warga atas nama Asrizal menderita tumor.

“Saya mendapatkan informasi dari TKSK kecamatan, dan telah meminta kepada wali korong untuk melihat kondisi Asrizal apakah sudah mempunyai BPJS dan dokumen lainnya. Nanti kita akan sampaikan kepada Dinas Sosial dan dinas terkait lainnya,” tuturnya. (*)

Exit mobile version